Taiwan: Republik Indonesia Mitra Penting

Kamis, 12 Januari 2023 - 19:08 WIB
loading...
A A A
Di samping itu, hubungan antara Indonesia dan China kuat. Bahkan, China menjadi salah satu mitra dagang terdekat dan terbesar Indonesia. Faktanya, pada 2021, nilai ekspor Indonesia menuju China mencapai USD63,63 miliar yang dipimpin bahan bakar mineral dan nikel, sedangkan impornya mencapai USD60,71 miliar.

Saat ini, China juga menjadi mitra utama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Salah satunya megaproyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jumlah utang luar negeri Indonesia dari China juga terus naik, yakni mencapai USD411,5 juta. Selama pandemi, Indonesia juga mendapatkan bantuan vaksin Covid-19 dari China.

“Indonesia sukses menjalin hubungan dengan China dan Taiwan secara bersamaan. Kerja sama Indonesia dan Taiwan juga terus meningkat pada tahun lalu. Taiwan bahkan menjadi destinasi ekspor terbesar kedelapan bagi Indonesia” ujar Muhammad Zulfikar Rakhmat, peneliti dari Busan University of Foreign Studies.

Rakhmat menambahkan kerja sama investasi juga mencatat catatan yang gemilang. Perusahaan Taiwan sedikitnya memegang 458 proyek di Indonesia dengan total investasi USD316,9 juta pada 2022. Taiwan International Ports Corp misalnya yang sedang membangun gudang, lapangan, dan terminal kontainer di Indonesia.

Pada September, PT Indika Energy dan Foxconn juga meluncurkan ventura gabungan senilai USD2 miliar untuk membuat EV, baterai, dan gudang energi di Indonesia. Keduanya berharap dapat memproduksi bus dan truk listrik. Akhir 2022, Jakarta dan Taipei juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) di sektor pertanian.

Selama lima tahun terakhir, produk logam dan peralatan industri non-mesin menjadi sektor investasi terbesar Taiwan di Indonesia, yakni mencapai 31%. Total perdagangan antara Indonesia dan Taiwan di sektor baja telah mencapai USD2,53 miliar sampai Oktober 2022 atau naik sekitar 6,41% dibandingkan 2021.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)