Yunani Sebut Erdogan Jadikan Hagia Sophia sebagai 'Senjata' Politik

Senin, 13 Juli 2020 - 17:18 WIB
loading...
Yunani Sebut Erdogan Jadikan Hagia Sophia sebagai Senjata Politik
Kepala Gereja Ortodoks Yunani, Uskup Agung Ieronymos sebut Erdogan menggunakan agama sebagai sarana untuk mencapai tujuan geopolitiknya dengan mengubah Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid. Foto/REUTERS
A A A
ATHENA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menggunakan agama sebagai sarana untuk mencapai tujuan geopolitiknya dengan mengubah Hagia Sophia di Istanbul menjadi masjid. Tudingan itu disampaikan kepala Gereja Ortodoks Yunani, Uskup Agung Ieronymos dari Athena dan All Greece.

"Transformasi agama menjadi instrumen untuk mencapai tujuan partai, geopolitik, dan geostrategis hanya mencirikan orang yang menggunakannya untuk melakukannya," ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (13/7/2020).

( )

Paus Fransiskus, yang mengepalai gereja Katolik Roma, menyampaikan kesedihannya sehari setelah Dewan Gereja Dunia yang berbasis di Jenewa menyatakan hal serupa.

Organisasi itu mencatat Hagia Sophia selama ini telah menjadi tempat terbuka, pertemuan, dan inspirasi bagi orang-orang dari semua bangsa. Dewan ini beranggotakan gereja Protestan, Ortodoks, dan Anglikan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)