Pengadilan Bentukan Pemberontak Houthi Hukum Mati 16 Warga Yaman

Selasa, 20 Desember 2022 - 01:30 WIB
loading...
Pengadilan Bentukan Pemberontak Houthi Hukum Mati 16 Warga Yaman
Pengadilan Bentukan Pemberontak Houthi Hukum Mati 16 Warga Yaman. FOTO/Reuters
A A A
AL-MUKALLA - Seorang pengacara yang berbasis di Sanaa mengatakan, pengadilan yang dikelola pemberontak Houthi telah menghukum mati 16 warga Yaman . Hukuman itu dijatuhkan karena 16 warga Yaman itu bekerja untuk Koalisi.

Abdul Majeed Sabra, seorang pengacara Yaman yang membela para korban penculikan yang ditahan di penjara Houthi, mengatakan bahwa Pengadilan Kriminal Khusus Tingkat Pertama telah meringankan hukuman mati 16 orang Yaman, termasuk tujuh orang yang ditahan oleh Houthi.



Pengadilan juga menghukum 13 lainnya dengan hukuman penjara dengan durasi yang berbeda-beda. Semua 29 orang itu berasal dari Saada, jantung gerakan Houthi.

Kelompok individu yang sama diadili untuk pertama kalinya pada bulan Oktober, ketika pengadilan Houthi menuduh mereka berkomunikasi dengan koalisi dan pemerintah Yaman antara Januari 2014 dan Desember 2020.

Sabra mengatakan kepada Arab News, bahwa putusan itu adalah yang utama dan dia mengajukan banding terhadapnya. Ia menambahkan bahwa narapidana yang ditahan oleh Houthi adalah warga sipil, termasuk guru dan petani.

“Persidangan dan banding akan dilakukan di pengadilan yang sama, dan jika itu mendukung putusan, kami akan mengajukan banding ke Mahkamah Agung,” katanya.



Seorang pejabat pemerintah Yaman dan aktivis lainnya mencap tuduhan itu sebagai "jahat" dan dimaksudkan sebagai pembalasan terhadap warga Yaman yang menentang milisi dan penyitaan properti mereka di wilayah yang dikuasai Houthi.

Faisal Al-Majidi, Wakil Menteri Kehakiman Yaman, menuduh Houthi menggunakan sistem pengadilan untuk menghukum pendukung pemerintah Yaman dan untuk melegitimasi penjarahan yang merajalela atas properti lawan milisi.

“Pengadilan digunakan sebagai sarung tangan untuk menyelesaikan persaingan dengan individu yang menentang ideologi milisi Houthi, dan uang mereka diambil dengan dalih berkomunikasi dengan para agresor,” kata Al-Majidi kepada Arab News.

“Tindakan pembunuhan massal ini mengungkap sikap kriminal kelompok Houthi terhadap penduduk Saada,” lanjutnya.

Sejak hari pertama kudeta militer mereka terhadap pemerintah Yaman pada akhir 2014, Houthi telah menculik ratusan warga Yaman, menyiksa mereka dengan kejam di penjara, dan menuduh mereka bekerja sama dengan pemerintah Yaman dan koalisi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)