Marcos Jr Tunjuk Pensiunan Jenderal Jadi Panglima Militer Filipina

Minggu, 08 Januari 2023 - 15:15 WIB
loading...
Marcos Jr Tunjuk Pensiunan Jenderal Jadi Panglima Militer Filipina
Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr tunjuk pensiunan Jenderal jadi Panglima Militer Filipina. FOTO/Reuters
A A A
MANILA - Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr. pada Sabtu (7/1/2023) mempersingkat masa jabatan Kepala Staf Militer yang dia tunjuk lima bulan lalu dan menggantikannya dengan pensiunan jenderal. Marcos Jr. tidak menjelaskan alasan langkah mengejutkan itu.

Kantor Marcos mengumumkan penggantian Letnan Jenderal Bartolome Bacarro, dari posisi Panglima Militer. Sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada Jumat (6/1/2023) malam tidak merinci alasan perubahan kepemimpinan militer.



Seperti dilaporkan AP, Bacarro telah menerima penghargaan militer tertinggi untuk keberanian tempur. Masa jabatan tiga tahun Bacarro seharusnya berakhir pada Agustus 2025.

Letnan Jenderal Andres Centino, kepala staf militer yang digantikan Bacarro pada Agustus tahun lalu, dilantik oleh Marcos ke posisi teratas Angkatan Bersenjata berkekuatan 144.000 orang. Centino, yang akan pensiun bulan depan, dipilih dari selusin jenderal senior dan akan menjalani masa jabatan tiga tahun yang baru.

Diminta reaksi atas pemecatannya, Bacarro mengatakan kepada wartawan tanpa menjelaskan lebih lanjut dalam pesan teks, bahwa militer akan mendukung kepala baru itu.



Dalam upacara pergantian di kamp militer utama di ibu kota pada hari Sabtu, Bacarro menyerahkan pedang yang melambangkan kepemimpinan militer kepada Centino dan berterima kasih kepada militer, keluarganya, dan presiden.

Marcos tidak hadir tetapi diwakili oleh penasihat dekatnya, termasuk Sekretaris Eksekutif Lucas Bersamin.
Bersamin menekankan dalam pidatonya bahwa dia terkesan dengan transisi kepemimpinan militer yang mulus, yang menurutnya harus ditiru oleh para politisi untuk menghindari kerusuhan pasca pemilu.

“Lanjutkan tradisi ini, di mana Anda saling menghormati, di mana Anda sangat mempertimbangkan kualifikasi rekan-rekan perwira Anda untuk memungkinkan organisasi Anda bergerak maju daripada melihat ke belakang,” kata Bersamin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)