Biden: Konflik Ukraina di Titik Kritis

Jum'at, 06 Januari 2023 - 21:34 WIB
loading...
Biden: Konflik Ukraina di Titik Kritis
Presiden AS Joe Biden mengatakan konflik di Ukraina berada di titik kritis. Foto/SCMP
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggambarkan konflik Ukraina memasuki fase penting. Biden jugamembenarkan janji terbaru Washington untuk mengirim lebih banyak senjata berat ke Kiev.

Pernyataannya muncul setelah Ukraina menolak proposal Rusia untuk gencatan senjata Natal Ortodoks.

“Saat ini, perang di Ukraina berada pada titik kritis. Kami harus melakukan semua yang kami bisa untuk membantu Ukraina melawan agresi Rusia, dan Rusia tidak berusaha untuk memperlambat,” kata Biden dalam pertemuan di Gedung Putih.

“Awal sore ini, saya berdiskusi panjang dengan (Kanselir Jerman) Olaf Scholz dan – tentang Ukraina – dan aliansi kami di Eropa dan Uni Eropa. Kami memiliki kontingen negara yang jauh lebih besar yang memiliki pandangan yang sama dengan kami, termasuk Jepang dan lainnya,” imbuhnya seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (6/1/2023).



Biden menyoroti keputusan Washington baru-baru ini untuk memasok Kiev dengan Kendaraan Tempur Bradley dan baterai rudal pertahanan udara Patriot, dalam upaya untuk menopang kemampuan militer Ukraina.

“Mereka berfungsi dengan baik, dan mereka banyak membantu,” ucap Biden.

Rusia meluncurkan operasi militernya di Ukraina pada akhir Februari, mengutip kebutuhan untuk melindungi rakyat Donbass dan kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian damai Minsk 2014-2015. Kekuatan Barat menanggapi dengan memberlakukan sanksi besar-besaran terhadap Moskow dan mengirimkan aliran persenjataan terus-menerus ke Ukraina, meskipun Kremlin memperingatkan bahwa senjata asing hanya akan memperpanjang konflik.

Kiev dan pendukung Baratnya telah menolak seruan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengamati gencatan senjata 36 jam dari Jumat siang hingga tengah malam pada hari Sabtu, untuk mengizinkan umat Kristen Ortodoks, yang merupakan mayoritas di Ukraina dan Rusia, untuk merayakan Natal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1946 seconds (0.1#10.140)