Zelensky: Tak Alasan Barat Tidak Pasok Tank

Kamis, 05 Januari 2023 - 18:14 WIB
loading...
Zelensky: Tak Alasan Barat Tidak Pasok Tank
Prancis mengirimkan kendaraan lapis baja AMX-10 RC ke Ukraina. Foto/Mezha.media
A A A
KIEV - Presiden Ukraina VolodymyrZelensky mengatakan bahwa dia tidak melihat alasan bagi mitra Barat negaranya untuk tidak memasok tank ke Kiev. Itu dikatakannya setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron setuju untuk mengirim "tank beroda" ke Ukraina.

Keputusan itu terjadi saat keduanya melakukan pembicaraan melalui telepon. Ini menjadi transfer senjata bersejarah yang dapat menjadi preseden bagi negara-negara Barat lainnya.

“Kami akan menerima lebih banyak kendaraan lapis baja, khususnya tank beroda produksi Prancis,” kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

“Inilah yang mengirimkan sinyal yang jelas ke semua mitra kami yang lain: tidak ada alasan rasional mengapa Ukraina belum dipasok dengan tank tipe Barat,” imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Kamis (5/1/2023).

Macron telah menuai kritik selama perang karena menyediakan persenjataan dalam jumlah yang relatif kecil ke Ukraina, sementara juga menggemakan seruan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk "jaminan keamanan ke Rusia." Namun Zelensky memuji keputusan terbarunya sebagai terobosan yang dapat mendorong negara-negara Barat lainnya untuk mengikutinya.

“Kita harus mengakhiri agresi Rusia tahun ini dengan tepat dan tidak menunda kemampuan pertahanan apa pun yang dapat mempercepat kekalahan negara teroris itu,” katanya.

“Kendaraan lapis baja Barat modern, tank tipe Barat hanyalah salah satu dari kemampuan utama ini,” ia menambahkan.



Zelensky mengisyaratkan bahwa dia akan menekan keuntungan retoris yang ditawarkan oleh keputusan baru Macron.

“Saya akan melanjutkan aktivitas diplomatik seperti itu setiap hari — negosiasi maraton ini dengan para pemimpin negara mitra dan sahabat Ukraina di seluruh dunia,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)