Pekerja Kereta Api di Inggris Mulai Aksi Mogok, Layanan MRT Lumpuh

Rabu, 04 Januari 2023 - 12:00 WIB
loading...
Pekerja Kereta Api di Inggris Mulai Aksi Mogok, Layanan MRT Lumpuh
Layanan kereta api di Inggris terganggu aksi pemogokan. FOTO/Anadolu Agency
A A A
LONDON - Puluhan ribu anggota serikat kereta api terbesar di Inggris melakukan aksi mogok pada Selasa (3/1/2023), yang merupakan hari pertama dalam serangkaian protes yang diperkirakan akan melumpuhkan layanan kereta api dan menyebabkan kekacauan perjalanan di seluruh negeri.

Sekitar 40.000 anggota serikat Rail, Maritime and Transport (RMT) di Network Rail dan 14 operator kereta memulai pemogokan 48 jam pada Selasa dan Rabu. Setelah istirahat pada Kamis, pemogokan 48 jam lainnya akan dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu.



Layanan kereta api membuat pengumuman pada Selasa pagi, mendesak penumpang untuk melakukan perjalanan hanya jika diperlukan.

Dalam sebuah pernyataan, RMT mengatakan memutuskan untuk mogok lagi karena, meskipun "upaya terbaik" selama periode Natal, pengusaha kereta api belum mengadakan negosiasi atas tuntutan serikat pekerja untuk gaji dan kondisi kerja yang lebih baik.

“Pemerintah menghalangi upaya serikat pekerja untuk mencapai penyelesaian yang dinegosiasikan dengan pengusaha kereta api,” kata Mick Lynch, kepala serikat pekerja kereta api terbesar di Inggris, seperti dikutip dari Anadolu Agency.



Dia memperingatkan bahwa aksi industri dapat berlanjut setelah Mei. Selain RMT, pekerja Jalan Raya Nasional juga mogok pada hari Selasa dan Rabu.

Dalam sebuah tweet, anggota parlemen Partai Buruh Beth Winter menyuarakan dukungan untuk pemogokan RMT, menuduh pemerintah "melancarkan perang terhadap rel kereta api dengan pemotongan demi pemotongan". “Serikat RMT-lah yang melawan,” katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2073 seconds (0.1#10.140)