Latihan Dekat Guam Selesai, Kapal Induk China Tinggalkan Pasifik Barat

Selasa, 03 Januari 2023 - 16:15 WIB
loading...
Latihan Dekat Guam Selesai, Kapal Induk China Tinggalkan Pasifik Barat
Kapal induk China, Liaoning, dan kelompok tempurnya meninggalkan pasifik barat. Foto/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Kapal induk China Liaoning dan kelompok tempurnya telah meninggalkan wilayah Pasifik Barat setelah latihan laut jauh yang membuatnya melakukan pendekatan langka ke wilayah pulau Amerika Serikat (AS) di Guam .

Kantor Staf Gabungan Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan hari Senin bahwa kelompok tempur Liaoning terlihat berlayar melalui Selat Miyako ke arah utara menuju Laut China Timur pada hari Minggu.

"Dari Rabu hingga Sabtu, pesawat berbasis kapal induk China itu melakukan sekitar 60 kali lepas landas dan mendarat," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Radio Free Asia (RFA), Selasa (3/1/2023).

Itu berarti selama seluruh periode 17 Desember hingga 31 Desember, pesawat tempur dan helikopter China melakukan sekitar 320 kali lepas landas dan mendarat.

"Jepang mengerahkan pesawat dan kapal militer untuk memantau pergerakan kelompok penyerang," kata Kantor Staf Gabungan Jepang.



Liaoning dan kapal pengawalnya memulai pengerahan terbaru mereka pada pertengahan Desember, ketika Jepang mengumumkan strategi keamanan barunya yang menyebut China sebagai “tantangan strategis” yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada 25 Desember, kapal induk itu terlihat 670 kilometer tenggara Okinotorishima, sekitar 618 kilometer barat laut Guam. Ini adalah pendekatan langka yang ditafsirkan oleh surat kabar Partai Komunis China sebagai peringatan kepada AS atas Taiwan.



Guam adalah rumah bagi dua pangkalan utama militer AS yang menampung pembom strategis dan kapal selam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)