Jepang Kirim Jet Tempur untuk Pantau Operasi Kapal Induk China

Senin, 02 Januari 2023 - 20:40 WIB
loading...
Jepang Kirim Jet Tempur untuk Pantau Operasi Kapal Induk China
Jepang Kirim Jet Tempur untuk Pantau Operasi Kapal Induk China. FOTO/Reuters
A A A
TOKYO - Jepang mengatakan pada Senin (2/1/2023), pihaknya mengirim jet tempur dan mengirim pesawat serta kapal perang selama dua minggu terakhir untuk mengawasi kapal induk China , Liaoning dan lima kapal perang yang melakukan manuver Angkatan Laut dan operasi penerbangan di Pasifik.

“Jepang memantau operasi setelah kelompok Angkatan Laut China, termasuk kapal perusak rudal, berlayar antara pulau utama Okinawa dan pulau Miyakojima ke Pasifik Barat dari Laut China Timur pada 16 Desember,” kata Kementerian Pertahanan Jepang dalam siaran pers, seperti dikutip dari Reuters.



Sebelum kembali dengan cara yang sama pada hari Minggu, kapal induk China melakukan lebih dari 300 lepas landas dan pendaratan pesawat sayap tetap dan helikopter, tambah kementerian, yang tidak melaporkan adanya serangan ke perairan atau langit teritorial Jepang.

China telah melakukan operasi serupa di masa lalu, termasuk satu di bulan Mei. Latihan militer skala besar terbaru di dekat pulau-pulau Jepang terjadi setelah Jepang mengumumkan akan menggandakan pengeluaran pertahanan selama lima tahun ke depan.



Langkah itu diambil Jepang dalam upaya untuk mencegah China menggunakan militernya untuk mendorong klaim teritorial di wilayah tersebut, termasuk terhadap negara tetangga Taiwan. Selama ini China kerap menggunakan kekuatan militernya untuk menekan Taiwan.

Jepang juga melaporkan bahwa mereka telah mendeteksi penerbangan oleh drone WZ-7 China pada hari Minggu di dekat Miyakojima, pertama kali mereka melihat drone ketinggian tinggi di daerah tersebut.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)