Puluhan Ribu Jemaat Melayat Jenazah Paus Benediktus XVI

Selasa, 03 Januari 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Kasper, yang termasuk di antara para kardinal yang memilih Benediktus menjadi paus pada tahun 2005, menambahkan bahwa pengunduran diri itu memberikan visi yang lebih manusiawi kepada kepausan: bahwa paus adalah seorang pria dan bergantung pada kekuatan fisik dan mentalnya.

Vatikan memberikan waktu selama 10 jam bagi publik untuk memberikan penghormatan kepada Paus Benediktus XVI pada hari Senin, dan masing-masing 12 jam pada hari Selasa dan Rabu sebelum dimakamkan pada Kamis pagi, yang akan dipimpin oleh Paus Fransiskus, di Lapangan Santo Petrus.

"Seperti yang diinginkan Benediktus, pemakaman akan ditandai dengan kesederhanaan," kata Vatikan saat mengumumkan kematiannya pada Sabtu lalu.

Para pekerja pada hari Senin sedang menyiapkan altar di alun-alun untuk Misa pemakaman. Juga ditata deretan kursi untuk umat Katolik yang ingin menghadiri pemakaman. Pihak berwenang mengatakan mereka memperkirakan sekitar 60.000 orang akan datang untuk Misa.

Juga pada hari Senin, Vatikan mengkonfirmasi rencana pemakaman yang dilaporkan secara luas. Sesuai dengan keinginannya, makam Benediktus akan berada di ruang bawah tanah gua di bawah basilika yang terakhir digunakan oleh St. Yohanes Paulus II, sebelum jenazah orang suci itu dipindahkan ke atas ke basilika utama menjelang beatifikasinya tahun 2011, kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni.

Di dua sisi barisan tiang piazza, penonton melewati langkah-langkah keamanan yang biasa diperlukan bagi turis yang memasuki basilika - melewati detektor logam dan memeriksa tas melalui mesin sinar-X.

Beberapa tamu VIP memiliki waktu sejenak di hadapan masyarakat umum untuk memberikan penghormatan, termasuk Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, pemimpin sayap kanan yang di masa lalu mengaku mengagumi kecenderungan konservatif Benediktus.

Presiden Italia Sergio Mattarella juga datang untuk melayat jenazah. Vatikan mengatakan hanya dua delegasi resmi negara - dari Italia dan dari Jerman yang merupakan asli Benediktus - yang diundang secara resmi ke pemakaman, karena paus emeritus tidak lagi menjadi kepala negara.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1600 seconds (0.1#10.140)