Puluhan Ribu Jemaat Melayat Jenazah Paus Benediktus XVI

Selasa, 03 Januari 2023 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Jenazah Benediktus dibalut dengan mitra, tutup kepala uskup yang memuncak, dan jubah merah.

Salah satu pelayat, Filippo Tuccio (35) mengatakan dia datang dari Venesia dengan kereta malam untuk melihat jenazah Benediktus.

“Saya ingin memberi penghormatan kepada Benediktus karena dia memiliki peran kunci dalam hidup dan pendidikan saya,” kata Tuccio.

“Ketika saya masih muda saya berpartisipasi dalam Hari Orang Muda Sedunia,” katanya merujuk pada jambore umat muda yang diadakan secara berkala dan dihadiri oleh para paus.

Tuccio menambahkan bahwa dia telah belajar teologi, dan kepausan Benediktus telah menemaninya selama tahun-tahun di universitas.

“Dia sangat penting bagi saya: untuk siapa saya, cara berpikir saya, nilai-nilai saya,” lanjut Tuccio.

Di antara mereka yang datang ke basilika adalah Kardinal Walter Kasper, yang sama seperti Benediktus, seorang teolog Jerman. Kasper menjabat sebagai kepala kantor persatuan Kristen Vatikan selama kepausan Benediktus.

"Benediktus meninggalkan 'tanda penting' pada teologi dan spiritualitas, tetapi juga pada sejarah kepausan dengan keberaniannya untuk menyingkir," kata Kasper kepada The Associated Press.



“Pengunduran diri ini bukan tanda kelemahan, tapi tanda kekuatan, kebesaran karena dia melihat bahwa dia tidak lagi mampu menghadapi tantangan menjadi paus,” jelas Kasper.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)