Intelijen Jerman Peringatkan Peningkatan Aktivitas Mata-mata Rusia

Selasa, 03 Januari 2023 - 01:30 WIB
loading...
Intelijen Jerman Peringatkan Peningkatan Aktivitas Mata-mata Rusia
Intelijen Jerman Peringatkan Peningkatan Aktivitas Mata-mata Rusia. FOTO/Anadolu Agency
A A A
BERLIN - Kepala Badan Intelijen Domestik Jerman memperingatkan peningkatan aktivitas oleh Dinas Rahasia Rusia . Salah satu penyebabnya adalah perang Rusia-Ukraina yang berkepanjangan.

"Kepentingan intelijen Rusia di Jerman tidak hanya tak terpatahkan, tetapi juga meningkat seiring berlanjutnya efek perang," kata Thomas Haldenwang, Kepala Kantor Federal untuk Perlindungan Konstitusi, dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Jerman DPA.



“Kasus saat ini juga menunjukkan betapa nyata bahaya spionase Rusia,” tambah Haldenwang, menyinggung seorang tersangka agen ganda di dinas rahasia luar negeri BND, yang ditangkap sesaat sebelum Natal.

Pria yang ditangkap itu dituduh memberikan informasi rahasia kepada dinas intelijen Rusia. Haldenwang mengatakan, dia mengharapkan Moskow untuk mencoba menebus pengusiran 40 pejabat Rusia yang dianggap persona non grata oleh Jerman.

Sebagai reaksi atas dimulainya perang Rusia di Ukraina pada 24 Februari, banyak negara Eropa mengusir agen Rusia, dengan Jerman mengusir 40 anggota Kedutaan Besar Rusia di Berlin.



"Kami melakukan upaya besar untuk mencegah lebih banyak orang yang mungkin terkait dengan layanan Rusia datang ke sini ke Jerman," kata Haldenwang. Ia menambahkan, pemerintah Jerman telah memperketat aturan visa.

Dia juga mengharapkan peningkatan besar-besaran dalam serangan dunia maya Rusia dan apa yang disebut operasi pengaruh, termasuk kampanye disinformasi dan metode lain yang ditujukan untuk memengaruhi opini publik, hasil pemilu, atau keputusan politik di negara target
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1098 seconds (0.1#10.140)