3 Negara di Dunia yang Menggunakan Bendera Berlafadz Allah

Senin, 02 Januari 2023 - 16:05 WIB
loading...
A A A


2. Iran
Berikutnya ada Iran. Negara di kawasan Asia Barat ini juga memiliki bendera yang memiliki selipan lafadz Allah. Mengutip National Geographic, bendera Iran baik versi nasional maupun versi pra-revolusioner sama-sama berbagi garis horizontal berwarna hijau, putih dan merah.

Warna hijau diyakini sebagai favorit nabi Muhammad Saw serta mewakili Islam, kemudian putih mewakili kebebasan, dan merah berarti keberanian, api, dan serta cinta.

Kemudian, terdapat motif tulip di tengah bendera yang menggantikan lambang Singa dan Matahari atau Shir o Khorshid. Tulip tersebut terdiri dari 4 kelopak berbentuk bulan sabit dan satu batang yang membentuk kata Allah serta melambangkan lima rukun Islam.

Selain itu, hadir juga tulisan Arab bergaya dengan kalimat Allahu Akbar di bagian bawah garis hijau dan bagian atas garis merah bendera Iran.



3. Arab Saudi
Sama halnya dengan Irak dan Iran, Arab Saudi juga memiliki bendera berlafadz Allah. Mengutip FlagsWorld, bendera negara ini hanya terdiri dari dua warna, yakni hijau dan putih.

Warna hijau digunakan secara dominan, sementara warna putih hanya sebagian. Dalam artinya, hijau digunakan banyak negara Islam karena dirasa memiliki hubungan. Sementara putih digunakan untuk menulis huruf arab dan simbol pedang.

Bendera tersebut telah digunakan Arab Saudi sejak 15 Maret 1973. Adapun untuk tulisan yang tertera dalam bendera tersebut adalah kalimat “Laa ilaha illallah muhammadur rasulullah” yang berarti “Tidak ada tuhan selain Allah, Muhammad adalah utusan Allah”.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)