Falujjah, Kota di Irak Akan Jadi Nama Kapal Angkatan Laut AS

Minggu, 01 Januari 2023 - 23:45 WIB
loading...
Falujjah, Kota di Irak Akan Jadi Nama Kapal Angkatan Laut AS
Falujjah, Kota di Irak Akan Jadi Nama Kapal Angkatan Laut AS. FOTO/Defense One
A A A
WASHINGTON - Kapal serbu amfibi Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berikutnya akan diberi nama sesuai nama sebuah kota di Irak , Fallujah. Kota ini menjadi saksi beberapa pertempuran paling berdarah dalam perang Irak, ketika Marinir AS melawan ekstremis Al-Qaeda dalam pertempuran mematikan dari rumah ke rumah.

Sekretaris Angkatan Laut AS, Carlos Del Toro mengatakan, USS Fallujah akan memperingati apa yang kemudian dikenal sebagai "Pertempuran Fallujah Pertama dan Kedua". Ini mengikuti tradisi penamaan kapal serbu setelah pertempuran Korps Marinir atau kapal layar awal lainnya dan kapal induk.



“Merupakan suatu kehormatan untuk mengenang Marinir, tentara, dan mitra koalisi yang berjuang dengan gagah berani dan mereka yang mengorbankan hidup mereka selama kedua pertempuran di Fallujah,” kata Del Toro dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari AP, Selasa (29/12/2022).

Terletak sekitar 65 kilometer dari Bagdad, kota ini menjadi basis pemberontakan Sunni anti-pemerintah setelah invasi pimpinan AS pada 2003 menggulingkan Saddam Hussein. Militan Al-Qaeda, yang bangkit melawan pemerintah yang didominasi Syiah di Bagdad, bertempur dalam dua pertempuran berdarah dengan pasukan AS di Fallujah pada tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 100 orang Amerika dan melukai lebih dari 1.000 orang.

Pertempuran Fallujah pertama dipicu oleh meningkatnya kekerasan di kota tersebut, termasuk kematian lima tentara AS yang terkena bom pinggir jalan, dan empat kontraktor keamanan yang bekerja untuk Blackwater USA. Para kontraktor dibunuh dan tubuh mereka dibakar. Dua mayat digantung di jembatan, dan foto-foto pembantaian itu disebarkan ke media.



Sebagai tanggapan, Marinir berjuang selama berhari-hari untuk menguasai kota, dan pada titik balik, sebuah kendaraan Marinir terkena granat berpeluncur roket yang ditembakkan dari masjid, melukai lima Marinir. Pasukan AS berkumpul di masjid dan akhirnya menembakkan rudal Hellfire di dasar menaranya, dan jet tempur F-16 menjatuhkan bom seberat 500 pon, menewaskan puluhan orang dan memicu sentimen anti-Amerika.

Namun, dalam sebulan, pasukan AS menarik diri dari Fallujah dan menyerahkan kendali kepada pasukan keamanan Irak setempat. Pertempuran kedua terjadi pada November 2004, dan merupakan serangan udara dan darat besar-besaran oleh pasukan AS, bersama dengan pasukan Inggris dan Irak, untuk menguasai kota. Lusinan orang Amerika dan ratusan militan tewas dan sebagian besar kota rusak dan hancur.

Seorang jurnalis Irak di kota pada saat itu berkata, “Orang-orang bahkan takut melihat ke luar jendela karena penembak jitu. Orang Amerika menembak apapun yang bergerak.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)