Vatikan Rilis Surat Wasiat Mantan Paus Benediktus XVI, Ini Isinya

Minggu, 01 Januari 2023 - 10:41 WIB
loading...
A A A
Buku “From the Depths of Our Hearts” mendukung tradisi selibat pastor selama berabad-abad di dalam Gereja Katolik. Benediktus awalnya terdaftar sebagai penulis bersama, tetapi kemudian mengklarifikasi bahwa dia hanya menyumbangkan satu bagian dari buku tersebut.



Setahun kemudian, Benediktus mendapat kecaman saat menjabat sebagai uskup agung Munich dan Freising, antara tahun 1977 dan 1982, menyusul publikasi laporan yang ditugaskan gereja yang disalahgunakan oleh pendeta Katolik di sana.

Dalam surat tahun 2006, mantan paus itu meminta “dengan tulus” untuk “pengampunan” bagi mereka yang “disalahi dengan cara apa pun,” dalam suratnya.

Sebagai penutup, mantan paus itu meminta “dengan rendah hati”, terlepas dari semua “dosa dan kekurangannya”, ia disambut Tuhan ke surga.

Dalam surat terpisah yang diterbitkan oleh Vatikan pada Februari 2022, Benediktus mengeluarkan permintaan maaf umum kepada para penyintas pelecehan, menulis: “Sekali lagi saya hanya bisa mengungkapkan kepada semua korban pelecehan seksual rasa malu saya yang mendalam, kesedihan saya yang mendalam dan permintaan tulus saya untuk pengampunan,” tetapi dia mengakui tidak melakukan kesalahan pribadi atau spesifik.

Tidak ada petunjuk permintaan pengampunannya dalam surat terakhirnya berkaitan dengan penanganan Gereja Katolik atas tuduhan pelecehan seksual terhadap para pastor.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)