AS Terus Bangun Radar Canggih di Palau untuk Awasi China

Minggu, 01 Januari 2023 - 06:01 WIB
loading...
AS Terus Bangun Radar Canggih di Palau untuk Awasi China
Pemandangan dari atas Pulau Peleliu di Palau. Foto/japan-forward.com
A A A
PALAU - Pada tahun 2020, Palau mendorong Amerika Serikat (AS) untuk membangun pangkalan militer di pulau itu untuk menghalangi China.

Beijing dituduh oleh negara Pasifik tersebut sebagai "aktivitas destabilisasi yang sedang berlangsung".

Pembangunan Tactical Mobile Over-the-Horizon Radar (TACMOR) canggih Angkatan Udara AS, yang sedang berlangsung di pulau Pasifik Palau, mencerminkan "kewaspadaan yang meningkat" oleh Washington di Pasifik.

Kehadiran radar canggih itu dapat menjadi penting untuk memantau "aktivitas China" , menurut American Press.

Laporan tersebut mengutip dokumen anggaran Angkatan Udara FY2023 yang mengatakan, "Pengembangan, pengujian dan evaluasi, dan akuisisi sistem dan komponen terkait akan memberi para prajurit perang kemampuan menutup celah dalam cakupan pengawasan di wilayah utama wilayah Pasifik yang diminati Amerika Serikat dan sekutu kita."



Menurut outlet tersebut, proyek senilai USD17 miliar menggarisbawahi dorongan Pentagon memberikan "kehadiran militer AS yang gigih di Indo-Pasifik akhir-akhir ini."

“Palau sendiri menjadi sangat strategis karena Amerika Serikat berfokus pada persiapan untuk potensi konflik tingkat tinggi di masa depan di wilayah tersebut melawan pasukan China, tetapi juga untuk mengatasi ancaman yang ditimbulkan oleh persenjataan rudal musuh seperti Korea Utara,” ungkap outlet tersebut.

Pada September 2020, pemerintah Palau dilaporkan memberi tahu Menteri Pertahanan AS saat itu Mark Esper bahwa negara kepulauan Pasifik itu sepenuhnya terbuka untuk pembangunan pangkalan militer Pentagon di pulau itu.

Palau, yang merupakan salah satu dari sedikit negara yang tidak memiliki angkatan bersenjata, memiliki perjanjian dengan AS yang mewajibkan Washington mempertahankan pulau tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)