Presiden China Xi Jinping Sampaikan Pidato Panjang Sambut Tahun Baru 2023

Minggu, 01 Januari 2023 - 00:01 WIB
loading...
Presiden China Xi Jinping Sampaikan Pidato Panjang Sambut Tahun Baru 2023
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato Tahun Baru menjelang tahun 2023 pada Sabtu, 31 Desember 2022. Foto/Xinhua
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping menyerukan ketekunan dan solidaritas seluruh bangsa pada Sabtu (31/12/2022) saat dia menyampaikan salam Tahun Baru kepada semua orang.

Pidato panjang di Beijing itu sebagai awal menyambut tahun 2023. Berikut beberapa sorotan dari pidato tersebut.

Xi mengatakan, penyelenggaraan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China telah menyuarakan seruan bagi rakyat China untuk terus maju dalam perjalanan baru.

“Cetak biru yang ambisius telah dibuat untuk membangun negara sosialis modern dalam segala hal dan memajukan peremajaan besar-besaran bangsa China di semua lini melalui jalur China menuju modernisasi,” papar dia, dilansir China Daily.



Xi memuji pencapaian pembangunan sosial dan ekonomi pada tahun 2022.

“Perekonomian China tetap menjadi yang terbesar kedua di dunia dan menikmati perkembangan yang baik sepanjang tahun,” ujar Xi.

Dia menambahkan, Produk Domestik Bruto (PDB) negara sepanjang tahun diperkirakan akan melebihi 120 triliun yuan (sekitar USD17,23 triliun).

“Terlepas dari krisis pangan global, China telah mengamankan panen raya selama 19 tahun berturut-turut, menempatkannya pada posisi yang lebih kuat untuk memastikan pasokan pangan rakyat China,” papar Xi.

Menurut dia, China telah mengkonsolidasikan keuntungannya dalam pengentasan kemiskinan dan revitalisasi pedesaan yang maju secara menyeluruh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)