Lu Bu, Sosok Panglima Perang Bengis yang Berambisi Kuasai Daratan China

Jum'at, 23 Desember 2022 - 13:08 WIB
loading...
Lu Bu, Sosok Panglima Perang Bengis yang Berambisi Kuasai Daratan China
Patung karakter mengilustrasikan Jenderal Lu Bu dari jaman kuno China. Foto/bigbadtoystore.com
A A A
BEIJING - Nama Lu Bu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat China. Ia dikenal sebagai pejuang pada periode Han akhir dan merupakan pengikut Guru Agung, Dong Zhuo.

Lu Bu lahir di Wuyuan (kini Jiuyian) dan meninggal dunia di Xiapi. Lu Bu dijuluki sebagai Flying General atau Jenderal Terbang yang terkenal sebagai sosok temperamental.

Melansir laman China Knowledge, kariet militer Lu Bu berawal ketika dirinya menjadi penggawa inspektur regional di era pejabat dan panglima perang Ding Yuan.

Namun, sosok Lu Bu yang setia berubah menjadi jahat usai dihasut oleh Dong Zhuo. Sekitar tahun 188 (abad ke-2 Masehi), Kaisar Ling meninggal dunia, sehingga Ding Yuan haris memimpin pasukannya ke ibu kota Luoyang.



Dong Zhuo yang ingin merebut kekuasaan di pemerintahan pusat, menyuruh Lu Bu untuk membunuh atasannya, Ding Yuan, demi bisa mengambil alih pasukan.

Sejak saat itulah, Lu Bu menjadi pengikut Dong Zhuo yang sangat dipercaya dan perkasa. Ia bahkan diangkat menjadi pemimpin kerajaan dan kepala pengawal Dong Zhuo.

Sama seperti sikapnya pada Ding Yuan, Lu Bu balik menyerang Dong Zhuo dan membunuhnya pada tahun 192 (abad ke-2 Masehi), setelah dihasut oleh Shisun Rui dan Wang Yun.



Para pengikut Dong Zhuo yang lain berhasil mengalahkan dan mengusir Lu Bu, sehingga dirinya harus mencari perlindungan di bawah panglima perang lain seperti Zhang Yang dan Yuan Saho.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)