Arab Saudi Tak seperti Dulu, Dekorasi Natal Boleh Dipajang di Depan Umum

Kamis, 22 Desember 2022 - 12:54 WIB
loading...
A A A
“Ini memberi saya kegembiraan dan harapan untuk menjadi bagian dari langkah negara untuk menjadi lebih terbuka dan mengakui tradisi dan budaya lain.”



Dengan pembubaran polisi moral, Arab Saudi telah mendorong koeksistensi, penerimaan, dan asimilasi berbagai budaya dalam masyarakat, sehingga pengunjung dan ekspatriat tidak dikecualikan.

“Kami merayakan Natal bersama tetangga saya dan teman-teman Saudi setiap tahun,” kata Simone Isabella, warga negara Italia yang tinggal di Jeddah.

"Penduduk setempat sangat terbuka dan selalu menerima agama dan perayaan yang berbeda—ini hanya memberi kami alasan lain untuk benar-benar berdandan dan bertukar hadiah," ujarnya.

“Tahun ini kami memiliki Sinterklas rahasia untuk anak-anak kami yang sangat menantikan hadiah mereka.”

Sementara kompleks perumahan telah lama menyelenggarakan pesta dan acara Natal secara pribadi, budaya toleransi lebih terasa di jalan-jalan kerajaan tahun ini.

Bertempat tinggal di Provinsi Timur Arab Saudi, Nour Dajani berkata: "Saya suka Natal! Sebagai warga negara Saudi-Jerman, saya bersyukur bisa mengalami begitu banyak tradisi dari kedua sisi keluarga saya."

Neneknya menegaskan bahwa mereka merayakan dan menghargai semua budaya.

“Ini bukan hanya dari sudut pandang agama, ini hanya satu alasan lagi bagi kita semua untuk berkumpul dan berbagi hidangan musim dingin favorit kita seperti bebek atau angsa dengan isian dan kentang di sampingnya,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)