Lukashenko Sebut Dirinya dan Vladimir Putin Paling Berbahaya di Bumi

Rabu, 21 Desember 2022 - 00:42 WIB
loading...
Lukashenko Sebut Dirinya dan Vladimir Putin Paling Berbahaya di Bumi
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko (kiri) sebut dirinya dan Presiden Rusia Vladimir Putin adalah orang-orang paling berbahaya di Bumi. Foto/REUTERS
A A A
MINSK - Presiden Belarusia Alexander Lukashenko membuat komentar aneh pada hari Senin selama pertemuan terbarunya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Minsk. Dia seolah-olah membanggakan dirinya sebagai sosok paling berbahaya di Bumi.

"Anda tahu kami berdua adalah co-aggressor, orang yang paling berbahaya dan beracun di planet ini," kata Lukashenko dengan Putin duduk di sampingnya, seperti dikutip Newsweek, Selasa (20/12/2022).

"Kami hanya punya satu argumen—siapa yang lebih besar. Vladimir Vladimirovich [Putin] bilang saya, saya mulai berpikir begitu, jadi kami memutuskan bersama. Sama saja. Itu saja."

Video pendek berdurasi 20 detik itu di-posting ke Twitter oleh penasihat urusan dalam negeri Ukraina Anton Gerashchenko.



Lukashenko dan Putin bertemu di Minsk, Belarusia, untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, dengan semua pertemuan sebelumnya berlangsung di Moskow.

Pertemuan hari Senin terjadi setelah berminggu-minggu spekulasi mengenai peran masa depan Belarusia, jika ada, dalam konflik Rusia-Ukraina.

Itu juga terjadi hanya beberapa hari sejak Lukashenko tampaknya menyiratkan bahwa negaranya bisa berada di posisi Ukraina saat ini jika bukan karena persahabatannya dengan Putin.

Sejak Putin meluncurkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari, Belarusia telah muncul sebagai salah satu sekutu strategis terdekat Rusia saat Putin menghadapi teguran dari Barat.

Lukashenko secara terbuka mendukung pemimpin Rusia, bahkan mengizinkan pasukan Rusia memasuki Ukraina dari perbatasan Belarusia-Ukraina, memberikan akses yang lebih dekat ke Ibu Kota Ukraina; Kiev.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)