China Minta AS Cabut Sanksi Iran

Selasa, 20 Desember 2022 - 16:35 WIB
loading...
China Minta AS Cabut Sanksi Iran
China minta AS mencabut sanksi Iran untuk menghindupkan kembali pembicaraan perjanjian nuklir 2015. Foto/Ilustrasi
A A A
NEW YORK - China mendesak Amerika Serikat (AS) untuk mencabut sanksi terhadap Iran dan berhenti mengancam Teheran untuk menghidupkan kembali negosiasi perjanjian nuklir 2015 yang terhenti.

Wakil Perwakilan Tetap China untuk PBB, Geng Shuang, juga mengatakan pada sesi Dewan Keamanan bahwa resolusi baru yang disahkan oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk menekan Iran agar bekerja sama tidak akan menghasilkan apa-apa selain meningkatkan konflik, merusak kepercayaan dan membayangi negosiasi.

“Semua pihak harus melihat situasi jangka panjang dan keseluruhan serta menghindari langkah apa pun yang dapat meningkatkan situasi dan merusak proses negosiasi,” kata Geng, menurut portal berita chinanews.com.cn seperti dikutip dari South China Morning Post, Selasa (20/12/2022).

Geng mengatakan keputusan AS pada 2018 untuk menarik diri dari perjanjian, di mana Iran setuju untuk membatasi program nuklirnya dengan imbalan keringanan dari sanksi ekonomi, telah menyebabkan kebuntuan saat ini.

Meskipun Presiden Joe Biden telah mengatakan bahwa AS ingin menghidupkan kembali perjanjian, yang telah ditinggalkan oleh Donald Trump, pembicaraan untuk memulihkannya, yang dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama, telah terhenti sejak Agustus, dengan Iran dan AS saling menyalahkan atas kebuntuan itu.

“Sebagai pencipta krisis nuklir Iran, AS harus mengakui tanggung jawabnya dan memimpin dalam mengambil langkah-langkah praktis,” ucap Geng.



“China meminta AS untuk memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian tersebut, mencabut semua sanksi sepihak dan tindakan ‘yurisdiksi jangka panjang’ terhadap Iran dan pihak ketiga, dan berhenti mengancam untuk menggunakan kekerasan terhadap Iran,” serunya.

Dia kemudian mendesak semua pihak untuk menafsirkan secara akurat resolusi Dewan Keamanan sehingga masalah seperti peluncuran ruang angkasa Iran dan transfer drone ke Rusia dapat ditangani "dengan hati-hati" untuk menghindari ketegangan yang semakin meningkat.

Pertemuan diadakan setelah delegasi IAEA mengunjungi Iran untuk berbicara dengan kepala organisasi energi nuklir negara itu. Kantor berita Iran, ISNA melaporkan, pertemuan tersebut telah membahas kerja sama dan program bersama di masa depan, selain masalah pengamanan, tanpa memberikan rincian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)