Ukraina Waspada Digempur Militer Rusia dari Wilayah Belarusia

Senin, 19 Desember 2022 - 10:57 WIB
loading...
A A A
Zelensky telah menyerukan pertemuan puncak perdamaian global untuk membantu menyelesaikan konflik, dan berharap untuk menyiarkan pesan menjelang final sepak bola Piala Dunia 2022 di Qatar.

Permintaan itu telah ditolak oleh pejabat FIFA.

Dalam sambutannya, Zelensky juga mengeluarkan seruan terbaru bagi negara-negara Barat untuk meningkatkan pasokan pertahanan udara Ukraina setelah berminggu-minggu serangan udara Rusia menghantam jaringan energi negara itu.

Zelenskyy mengatakan listrik telah dipulihkan untuk 3 juta lebih warga Ukraina dalam 24 jam terakhir setelah serangan rudal massal Jumat lalu terhadap infrastruktur listrik yang menewaskan tiga orang dan merusak sembilan fasilitas listrik.

"Pasokan listrik telah dipulihkan untuk tiga juta warga Ukraina lainnya," katanya. "Ditambah enam juta kemarin. Itu berarti setelah serangan teroris pada hari Jumat, kami sudah mendapatkan hasil untuk sembilan juta orang kami."

Konflik tersebut telah menewaskan puluhan ribu orang dan membuat jutaan orang mengungsi dari rumah mereka di Ukraina.

Zelensky mengatakan kepada warga Ukraina bahwa angkatan bersenjata bertahan di kota Bakhmut—tempat pertempuran paling sengit di negara itu selama berminggu-minggu saat Rusia berupaya maju di wilayah Donetsk, Ukraina timur.

"Medan perang di Bakhmut sangat kritis," katanya, seperti dikutip Reuters. "Kami mengendalikan kota meskipun penjajah melakukan segalanya sehingga tidak ada tembok yang tidak rusak yang tersisa n berdiri."

Denis Pushilin, administrator bagian wilayah Donetsk yang dikendalikan oleh Moskow, mengatakan bahwa pasukan Ukraina menembaki sebuah rumah sakit di kota Donetsk, menewaskan satu orang dan melukai beberapa lainnya.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)