Guan Yu, Sosok Panglima Perang 3 Kerajaan yang Dijadikan Dewa di China

Kamis, 15 Desember 2022 - 11:22 WIB
loading...
Guan Yu, Sosok Panglima Perang 3 Kerajaan yang Dijadikan Dewa di China
Guan Yu merupakan jenderal terkemuka dari era kerajaan kuno China. Foto/WorldHistoryPics.com
A A A
BEIJING - Guan Yu merupakan jenderal terkemuka dari era kuno China yang namanya melegenda hingga kini.

Melansir laman Live Science, Guan Yu memiliki kemampuan bela diri yang sangat mumpuni sehingga dijadikan sebagai dewa, usai kematiannya.

Sosok Guan Yu dipandang sebagai simbol kesetiaan dan keberanian bagi masyarakat China. Guan pernah membunuh seorang hakim karena menculik gadis muda.

Ia diketahui hidup di zaman akhir Dinasti Han dan lahir pada tahun 220 Masehi. Semasa hidupnya, ada berbagai peristiwa penting yang berujung pada pembentukan 3 kerajaan, yakni Wu, Wei, dan Shu.



Guan sendiri bekerja untuk Liu Bei, pria yang kemudian menjadi Raja Shu. Sementara itu, hampir tidak ada sumber yang membahas mengenai kehidupan awal Guan. Namun, ia diketahui lahir di Xie Xiang yang kini dikenal dengan Shanxi.

Liu Bei dan Guan Yu sebenarnya adalah sahabat yang ingin bersama-sama berjuang membela China di tengah kondisi yang saat itu tengah bergejolak.

Mereka juga memiliki sahabat lain bernama Zhang Fei. Ketiganya bahkan bersumpah untuk menjadi saudara, dengan urutan Liu Bei sebagai kakak pertama, di posisi kedua ada Guan Yu, dan terakhir Zhang Fei. Kisah ketiganya tertuang dalam “Romance of the Three Kingdoms” yang sangat ikonik.



Guan membantu Liu Bei dalam kampanye militer dan berujung pada berdirinya Kerajaan Shu. Salah satu spesialisasi Guan adalah mahir dalam melakukan perang laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)