Italia Jadi Pusat Energi Eropa dengan Rencana Baru UE dan Tunisia

Sabtu, 10 Desember 2022 - 01:01 WIB
loading...
Italia Jadi Pusat Energi Eropa dengan Rencana Baru UE dan Tunisia
Pekerja memeriksa jaringan listrik bawah laut. Foto/arab news
A A A
ROMA - Proyek saluran listrik bawah laut sepanjang 200 km yang menghubungkan Italia dan Tunisia untuk mengimpor listrik yang dihasilkan dari sumber energi terbarukan akan didanai Uni Eropa (UE).

Komisi Eropa pada Kamis (8/12/2022) mengumumkan lampu hijau untuk pendanaan 307 juta euro untuk proyek tersebut, yang seharusnya menelan biaya total sekitar 850 juta euro.

Terna, operator jaringan listrik Italia yang akan menjalankan proyek tersebut bersama dengan perusahaan Tunisia Steg, mengatakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Keamanan Energi Italia telah memulai proses otorisasi untuk proyek tersebut.

Proyek itu sebagian akan didanai oleh program Fasilitas Menghubungkan Eropa untuk pengembangan proyek-proyek utama untuk memperkuat infrastruktur energi serikat pekerja.

“Jalur listrik bawah laut baru ini akan memungkinkan Italia menjadi pusat energi seluruh Eropa,” ungkap Menteri Lingkungan Italia Gilberto Pichetto Fratin kepada Arab News.



Pichetto menjelaskan kementeriannya akan bertindak cepat memberikan semua otorisasi yang diperlukan agar proyek dapat diselesaikan secepat mungkin.

Dia menambahkan, “Italia dan Eropa membutuhkan energi. Berkat saluran listrik yang berasal dari Afrika ini, kami mengambil langkah lain untuk menghilangkan ketergantungan kami pada gas Rusia.”

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni memuji dukungan UE untuk proyek tersebut, yang disebutnya sebagai "kesuksesan bersejarah".

“Koridor energi bawah air baru antara Afrika dan Eropa akan mempromosikan keamanan pasokan energi dan meningkatkan produksi energi dari sumber terbarukan,” pungkas Meloni.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2111 seconds (0.1#10.140)