Italia, Jepang, dan Inggris Bersatu 'Kawinkan' Jet Tempur Tempest dan F-X

Jum'at, 09 Desember 2022 - 13:46 WIB
loading...
Italia, Jepang, dan Inggris Bersatu Kawinkan Jet Tempur Tempest dan F-X
Italia, Jepang, dan Inggris bersatu untuk menggabungkan proyek jet tempur Tempest dan F-X. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Italia, Jepang, dan Inggris telah mengumumkan rencana untuk menggabungkan proyek pengembangan jet tempur mereka dalam kemitraan besar di luar Amerika Serikat (AS) sejak Perang Dunia II.

Kesepakatan itu bertujuan untuk mengoperasikan pesawat tempur garis depan canggih pada tahun 2035, dengan "mengawinkan" proyek Future Combat Air System (FCAS) yang dipimpin Inggris—juga dikenal sebagai Tempest—dengan program F-X Jepang.

Kesepakatan itu diumumkan dalam pernyataan bersama mereka pada hari Jumat (9/12/2022).

Kolaborasi tersebut akan disebut sebagai Global Combat Air Program (GCAP).

Baca juga: Kembangkan Jet Tempur Tempest, Inggris Beri Kontrak Rp5 Triliun ke BAE Systems

“Kami berkomitmen untuk menegakkan tatanan internasional berbasis aturan, bebas dan terbuka, yang lebih penting dari sebelumnya pada saat prinsip-prinsip ini ditentang, dan ancaman serta agresi meningkat,” kata ketiga pemimpin negara dalam pernyataan bersama tersebut, seperti dikutip Al Jazeera.

Kesepakatan itu muncul ketika China meningkatkan aktivitas militer di sekitar Taiwan—yang diklaim sebagai miliknya—dan di Laut China Selatan yang disengketakan di mana Beijing berusaha untuk meningkatkan klaimnya yang luas dengan instalasi militer di pulau buatan yang telah dibangunnya.

Asia Timur Laut juga bergulat dengan Korea Utara, yang telah melakukan peluncuran rudal dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya tahun ini di tengah kekhawatiran negara itu akan segera menguji senjata nuklir terbarunya.

Jepang, yang memiliki konstitusi pasifis, telah mengumumkan akan melipatgandakan pembelanjaan pertahanannya selama lima tahun ke depan menjadi sekitar 2 persen dari produk domestik bruto (PDB).

“Kami berbagi ambisi agar pesawat ini menjadi inti dari sistem udara tempur yang lebih luas yang akan berfungsi di berbagai domain,” lanjut pernyataan bersama mereka.

Baca juga: Jerman Tiba-tiba Prihatin dengan Rencana Beli 35 Jet Tempur Siluman F-35 AS

AS, yang telah berjanji untuk membela ketiga negara itu melalui keanggotaan NATO dan pakta keamanan terpisah dengan Jepang, juga menyambut baik kesepakatan Eropa-Jepang.

“Amerika Serikat mendukung kerja sama keamanan dan pertahanan Jepang dengan sekutu dan mitra yang berpikiran sama, termasuk dengan Inggris dan Italia,” kata Departemen Pertahanan AS dalam pernyataan bersama dengan Kementerian Pertahanan Jepang.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2227 seconds (10.177#12.26)