Siapakah Dina Boluarte, Presiden Wanita Pertama Peru?

Kamis, 08 Desember 2022 - 17:27 WIB
loading...
Siapakah Dina Boluarte, Presiden Wanita Pertama Peru?
Dina Boluarte menjabat sebagai Presiden baru Peru pada hari Rabu waktu setempat, setelah Kongres negara itu menggulingkan mantan presiden Pedro Castillo. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Dina Boluarte menjabat sebagai Presiden baru Peru pada hari Rabu waktu setempat, setelah Kongres negara itu menggulingkan mantan presiden Pedro Castillo.

Dalam suasana yang bergejolak ini, Boluarte, yang hingga beberapa jam lalu menjadi Wakil Presiden negara itu, mengambil alih tampuk kepemimpinan sebagai penerus Castillo setelah dilantik di depan sidang paripurna Kongres pada Rabu sore waktu setempat.

Dia adalah presiden wanita pertama dalam sejarah Peru, dan presiden Peru keenam dalam waktu kurang dari lima tahun. Masa jabatan Boluarte akan diperpanjang hingga Juli 2026.

Dalam pidato pertamanya sebagai Presiden, Boluarte menyerukan gencatan senjata politik untuk membentuk pemerintahan persatuan nasional dan mengatakan bahwa dia akan memerangi korupsi dengan dukungan dari Kantor Kejaksaan Agung dan Kantor Pengawas.

“Tugas pertama saya adalah memerangi korupsi, dalam segala bentuk,” kata Boluarte.

"Saya telah melihat dengan jijik bagaimana pers dan badan peradilan melaporkan tindakan perampokan yang memalukan terhadap uang semua orang Peru, kanker ini harus dibasmi," tegasnya seperti dikutip dari CNN, Kamis (8/12/2022).

Baca: Presiden Peru Pedro Castillo Digulingkan Secara Dramatis, Digantikan Dina Boluarte

Castillo, pendahulu Boluarte, dicopot dari jabatannya dan ditangkap pada hari Rabu karena secara inkonstitusional menyatakan penutupan sementara Kongres, menurut beberapa analis konstitusi di negara tersebut.

Setidaknya tujuh menteri kabinet dan pejabat senior lainnya mengundurkan diri sebagai protes atas langkah Castillo, menuduh mantan presiden itu melakukan kudeta.

Lalu siapakah Dina Boluarte?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2807 seconds (10.177#12.26)