Peneliti: CIA Sembunyikan Bukti Sejarah Operasi Rahasia Pembunuh JFK

Kamis, 08 Desember 2022 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Ada sekitar 44 dokumen dalam file Joannides yang masih dirahasiakan oleh CIA dan, menurut Morley, dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang upaya nyata menampilkan Oswald sebagai "tokoh pro-Castro yang tidak terikat."

Mary Ferrell Foundation menggugat pemerintahan Presiden AS Joe Biden dan Arsip Nasional pada Oktober, menuntut rilis 16.000 dokumen rahasia tentang pembunuhan JFK yang diperintahkan untuk dibuka segelnya oleh mantan Presiden Bill Clinton pada tahun 1992.

Sementara sebagian besar ahli tidak percaya bahwa harta karun itu berisi bukti CIA atau keterlibatan pemerintah lainnya yang tak terbantahkan dalam pembunuhan Kennedy, banyak yang menduga mereka memasukkan informasi tentang kontak badan tersebut dengan Oswald sebelum pembunuhan itu.

Morley sebelumnya telah menggugat CIA dalam upaya agar file Joannides dirilis ke publik, tetapi sejauh ini tidak berhasil.

JFK telah berselisih dengan CIA pada bulan-bulan sebelum kematiannya karena Krisis Misil Kuba dan bencana Teluk Babi, yang dia lihat sebagai upaya mengarahkan AS ke dalam perang dengan Kuba.

Badan tersebut sangat terlibat dalam gerakan anti-Castro di AS, dan Oswald, yang kembali ke AS pada tahun 1962 setelah membelot ke Uni Soviet dua setengah tahun sebelumnya, terlibat dalam gerakan lokal “Permainan Adil untuk Kuba”.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)