Peneliti: CIA Sembunyikan Bukti Sejarah Operasi Rahasia Pembunuh JFK

Kamis, 08 Desember 2022 - 05:01 WIB
loading...
Peneliti: CIA Sembunyikan Bukti Sejarah Operasi Rahasia Pembunuh JFK
Lee Harvey Oswald difoto dengan Sersan polisi Dallas Warren (kanan) dan seorang rekan perwira. Foto/Departemen Kepolisian Dallas/Arsip Kota Dallas/Universitas Texas Utara/REUTERS
A A A
WASHINGTON - CIA menyembunyikan bukti bahwa pihaknya mengetahui Lee Harvey Oswald, "satu-satunya pria bersenjata" yang diduga membunuh presiden Amerika Serikat (AS) saat itu John F Kennedy (JFK) pada tahun 1963.

Tudingan itu dilontarkan jurnalis Jefferson Morley. Menurut dia, CIA tahu Oswald terlibat dalam operasi rahasia anti-Kuba hanya beberapa bulan sebelum pembunuhan itu.

Badan tersebut tidak hanya mengetahui aktivitasnya, CIA juga tidak pernah memberi tahu Komisi Warren, badan yang seolah-olah independen yang ditugaskan menyelidiki pembunuhan Kennedy.

“CIA bahkan melangkah lebih jauh dengan menyangkal mereka memiliki pengetahuan tentang mereka sama sekali,” ungkap Morley, peneliti JFK terkemuka pada konferensi pers yang diadakan Mary Ferrell Foundation pada Senin.

Baca juga: Maskapai Barat Perlu Kembali ke Wilayah Udara Rusia, Alasannya…

“Apa yang disembunyikan CIA adalah apa yang selalu mereka sembunyikan, yang merupakan sumber dan metode mereka terkait dengan Lee Harvey Oswald,” ujar dia.

Dia menambahkan, "Kita berbicara tentang bukti senjata api dari operasi CIA yang melibatkan Lee Harvey Oswald."

Menurut jurnalis itu, Oswald terlibat dalam operasi yang bertujuan mendiskreditkan warga Amerika Serikat yang mendukung pemimpin komunis Kuba Fidel Castro.

Baca juga: Truk Tentara Tabrak Mobil Warga di Donbass, 16 Orang Tewas

Morley mendasarkan klaimnya pada file agen CIA George Joannides, yang bekerja dengan kelompok pengasingan warga Kuba anti-Castro.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2140 seconds (10.177#12.26)