Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak, Al Jazeera Seret Israel ke ICC

Selasa, 06 Desember 2022 - 18:13 WIB
loading...
A A A
Dia saat itu mengenakan helm pelindung dan rompi antipeluru yang dengan jelas bertuliskan PRESS, sedang berjalan di jalan di depan pasukan Israel ketika diserang.

Dalam sebuah pernyataan, Al Jazeera mengatakan bukti baru yang diajukan oleh Al Jazeera menunjukkan Shireen dan rekan-rekannya ditembaki langsung oleh Pasukan Pendudukan Israel (IOF).

Pernyataan itu menambahkan bukti yang membatalkan klaim oleh otoritas Israel bahwa Shireen tewas dalam baku tembak.

"Menegaskan, tanpa keraguan, bahwa tidak ada penembakan di daerah di mana Shireen berada, selain IOF yang menembak langsung ke arahnya," tegas pernyataan itu.

“Bukti menunjukkan bahwa pembunuhan yang disengaja ini merupakan bagian dari kampanye yang lebih luas untuk menargetkan dan membungkam Al Jazeera,” kata pernyataan tersebut.

Setelah ICC meninjau bukti, mereka akan memutuskan apakah akan menyelidiki pembunuhan Abu Akleh sebagai bagian dari penyelidikan yang sedang berlangsung.



Pada tahun 2021, ICC memutuskan memiliki yurisdiksi atas situasi di wilayah Palestina yang diduduki. Pengajuan Al Jazeera meminta agar pembunuhan Abu Akleh menjadi bagian dari penyelidikan yang lebih luas ini.

“Kami meminta penyelidikan yang mengarah pada tuntutan yang diajukan dan mereka yang bertanggung jawab dituntut,” kata Dixon.

Investigasi yang dilakukan oleh PBB, organisasi hak asasi manusia Palestina dan Israel, dan outlet berita internasional menyimpulkan bahwa Abu Akleh dibunuh oleh seorang tentara Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)