Taiwan Anggarkan Rp442,6 Triliun untuk Emisi Nol Bersih

Jum'at, 25 November 2022 - 08:04 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Taiwan melihat bahwa saat ini merupakan momentum yang tepat untuk ikut serta dalam mendukung kesepakatan bersama pengurangan emisi sampai nol bersih yang bakal dicapai secara bertahap hingga 2050.

"Taiwan bersedia dan mampu bekerja sama dengan mitra internasional untuk bersama-sama mencapai transisi nol bersih, memobilisasi aksi iklim global, dan memastikan lingkungan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang,’’ kata Menteri Lingkungan Hidup Taiwan, Chang Tzi-chin dalam program Ministry of Foreign Affairs Republic of China (Taiwan), Tentative Program for International Press Group on Taiwan’s Political and Economic Development III di Taipei pada 13-19 November 2022.

Program ini diikuti oleh sedikitnya 32 wartawan dari 24 negara di seluruh dunia.

Komitmen Taiwan dalam mencapai emisi nol bersih pada 2050 secara resmi sebenarnya telah diumumkan Presiden Tsai Ing-wen pada Hari Bumi tanggal 22 April 2021.

Taiwan Anggarkan Rp442,6 Triliun untuk Emisi Nol Bersih

Kondisi jalanan di Taipei terlihat banyak mobil listrik seperti Tesla berseliweran di sana. Taiwan memang sedang menggalakkan penggunaan mobil listrik.

Untuk menjalankan misi tersebut, Taiwan telah menganggarkan hampir 880 miliar dollar Taiwan (atau sekitar Rp442,6 triliun) untuk menjalankan rencana utama transisi net-zero pada tahun 2050 tersebut.

Total anggaran tersebut berasal dari dana yang saat ini telah dikelola negara sebesar 440 miliar dollar Taiwan, dana yang sudah masuk dalam rencana pembangunan (120 miliar dollar Taiwan), dan anggaran yang baru akan direncanakan (320 miliar dollar Taiwan).

"Usaha transisi ke emisi nol bersih merupakan tanggung jawab bersama generasi ini. Misi ini hanya mungkin tercapai jika terbangun kerjasama masyarakat internasional. Taiwan bersedia memberikan kontribusi nyata untuk mengatasi perubahan iklim global,’’ tandas Chang Tzi-chin.

Dari situ, Pemerintah Taiwan mengeluarkan pedoman berupa Langkah Taiwan menuju emisi nol bersih pada tahun 2050. Dari pedoman tersebut muncul empat strategi transisi utama di sektor energi, industri, gaya hidup (lifestyle), dan sosial masyarakat berdasarkan pada dua tata kelola dari penelitian dan pengembangan teknologi dan undang-undang iklim.

Pada bidang energi, ada tiga strategi yang dilakukan. Yaitu, pertama, membangun sistem energi nol karbon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)