MA Inggris Tolak Permintaan Referendum Skotlandia

Rabu, 23 November 2022 - 21:15 WIB
loading...
A A A
Dianggap bahwa referendum yang terakhir - pada tahun 2014, ketika 55 persen orang Skotlandia menolak kemerdekaan - menyelesaikan pertanyaan untuk satu generasi.

Tetapi Sturgeon dan partainya mengatakan sekarang ada mandat yang tak terbantahkan untuk referendum kemerdekaan lagi, terutama mengingat keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Sebagian besar pemilih di Skotlandia menentang Brexit.

Pemilihan parlemen terakhir Skotlandia mengembalikan mayoritas anggota parlemen pro-kemerdekaan untuk pertama kalinya.

Pada sidang di Mahkamah Agung Inggris bulan lalu, pengacara pemerintah di London berpendapat bahwa pemerintah Skotlandia tidak dapat memutuskan untuk mengadakan referendum sendiri.

Izin harus diberikan karena susunan konstitusional dari empat negara Inggris adalah masalah yang dicadangkan untuk pemerintah di London.

Pengacara pemerintah Skotlandia menginginkan keputusan tentang hak-hak parlemen yang diserahkan di Edinburgh jika London terus memblokir referendum kemerdekaan.

Lord Advocate Dorothy Bain, pejabat tinggi hukum Skotlandia, mengatakan kemerdekaan Skotlandia adalah masalah "hidup dan signifikan" dalam politik Skotlandia.



Pemerintah Skotlandia sedang berusaha untuk menciptakan kerangka hukumnya sendiri untuk referendum lain, dengan alasan bahwa hak untuk menentukan nasib sendiri adalah hak fundamental dan tidak dapat dicabut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2028 seconds (0.1#10.140)