Balas Serangan Rudal, Ukraina Ledakkan Depot Minyak Rusia dengan Drone

Rabu, 16 November 2022 - 22:56 WIB
loading...
Balas Serangan Rudal, Ukraina Ledakkan Depot Minyak Rusia dengan Drone
Balas serangan rudal, Ukraina ledakkan depot minyak Rusia dengan drone. Foto/Daily Mail
A A A
MOSKOW - Ukraina berhasil meledakkan depot minyak Rusia 190 mil dari Moskow dalam serangan pesawat tak berawak atau drone. Serangan balasan itu dilakukan sehari setelah pasukan Rusia meluncurkan rentetan 90 rudal.

Gambar menunjukkan dugaan serangan drone militer Ukraina di depot minyak Rusia hanya 190 mil dari Moskow.

"Serangan pukul 04.00 meledakkan depot minyak di pemukiman Stalnoi Kon," kata gubernur regional Andrey Klychkov.

"Tidak ada korban jiwa. Semua layanan darurat bekerja di lokasi," imbuh Klychkov seperti dilansir dari Daily Mail, Rabu (16/11/2022).

Sementara itu pejabat Ukraina Anton Geraschenko memperhatikan ledakan depot itu tanpa mengaku bertanggung jawab.

Dia memposting gambar situs yang terbakar - yang tidak mungkin diverifikasi - dan keterangan: "Merokok di tempat yang salah mencapai wilayah Oryol."

Gambar yang belum diverifikasi di media sosial menunjukkan apa yang tampak seperti pecahan tunggal di sisi tangki penyimpanan minyak, menghitam oleh jelaga.



Logo Transneft, operator saluran pipa yang dikendalikan negara Rusia, dapat dilihat di tangki, yang menurut televisi pemerintah diyakini kosong. Menurut sebuah laporan, dugaan serangan pesawat tak berawak meninggalkan kawah sedalam 12 kaki.

Gambar kemudian menunjukkan kerusakan yang signifikan pada kompleks penyimpanan minyak.

Situs ini berjarak sekitar 100 mil dari perbatasan dengan Ukraina.

Jika serangan tersebut dilakukan Ukraina, itu akan menjadi rekor jangkauan serangan Kiev di Rusia.

Sejak dimulainya serangan Rusia di Ukraina, beberapa depot bahan bakar atau amunisi di Rusia selatan telah diserang oleh drone atau helikopter. Pihak Rusia berwenang menyalahkan pasukan Ukraina dalam serangan tersebut.

Serangan terbaru ini terjadi sehari setelah Rusia menembakkan hampir 100 rudal ke kota-kota di seluruh Ukraina, menyebabkan tiga kematian dan memutus pasokan listrik kepada jutaan keluarga.

Pada malam sebelumnya, ada laporan kejadian serupa di wilayah tetangga Bryansk.



Saluran Telegram SHOT mengatakan ledakan yang disebabkan oleh amunisi yang dijatuhkan drone terdengar di terminal minyak Zhecha, sekitar 30 mil dari perbatasan dengan Ukraina.

Itu terjadi ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan kepada mitra G7 dan NATO bahwa ledakan rudal di Polandia timur kemarin disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina, kata sumber NATO kepada Reuters pada hari Rabu.

Ledakan yang menewaskan dua orang itu menimbulkan kekhawatiran dunia bahwa konflik Ukraina dapat meluas ke negara-negara tetangga.

Ukraina sendiri menyalahkan Rusia atas insiden tersebut. Namun Rusia membantah jika misilnya menghantam Polandia.

Biden mengatakan kepada wartawan di Indonesia bahwa rudal itu tidak mungkin ditembakkan dari Rusia.

Duta besar NATO dijadwalkan mengadakan pertemuan darurat pagi ini untuk menanggapi ledakan di sebuah pengering biji-bijian di dekat perbatasan Ukraina, yang terjadi saat rentetan rudal Rusia menghantam kota-kota di seluruh Ukraina.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)