Pejabat AS Duga Rudal yang Hantam Polandia Ditembakkan Pasukan Ukraina

Rabu, 16 November 2022 - 15:27 WIB
loading...
Pejabat AS Duga Rudal yang Hantam Polandia Ditembakkan Pasukan Ukraina
Pejabat AS Duga Rudal yang Hantam Polandia Ditembakkan Pasukan Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
WARSAWA - Polandia menyatakan pada Rabu (16/11/2022), bahwa rudal buatan Rusia jatuh di wilayah timur Polandia. Namun, belum jelas benar dari mana rudal itu berasal. Apakah benar rudal tersebut ditembakkan oleh pasukan Rusia?

Seperti dilaporkan AP, tiga pejabat Amerika Serikat (AS) justru mengatakan, penilaian awal menunjukkan bahwa rudal itu ditembakkan oleh pasukan Ukraina ke Rusia di tengah salvo yang menghancurkan terhadap infrastruktur listrik Ukraina pada Selasa (15/11/2022). Para pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka.



Pernyataan pejabat AS itu senada dengan yang dilontarkan Presiden AS, Joe Biden. Ia mengatakan tidak mungkin rudal yang menghantam Polandia dan menewaskan dua orang ditembakkan dari Rusia, tetapi AS dan sekutunya dengan suara bulat setuju untuk mendukung penyelidikan negara itu.

"Saya akan memastikan kita mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi," kata Biden. “Ada informasi awal yang membantah itu,” kata Biden ketika ditanya apakah rudal itu ditembakkan dari Rusia.

“Saya tidak ingin mengatakannya sampai kami benar-benar menyelidiki. Tidak mungkin di jalur lintasan bahwa itu ditembakkan dari Rusia, tetapi kita akan lihat,” lanjutnya. Biden tidak membahas apakah rudal itu bisa ditembakkan oleh Rusia dari Ukraina atau dari tempat lain.



Serangan rudal itu turut dikecam Presiden Ukraina Volodymr Zelensky. Ia menyebutnya sebagai “eskalasi yang sangat signifikan”. Serangan ini juga mendorong Biden untuk mengadakan pertemuan darurat para pemimpin G-7 dan NATO.

Penilaian itu dan komentar Biden pada KTT G20 di Indonesia bertentangan dengan informasi Selasa pagi dari seorang pejabat senior intelijen AS yang mengatakan kepada AP bahwa rudal Rusia menyeberang ke Polandia.

Pemerintah Polandia mengatakan sedang menyelidiki dan meningkatkan tingkat kesiapan militernya. Biden menjanjikan dukungan untuk penyelidikan Polandia. Sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Polandia mengidentifikasi senjata itu dibuat di Rusia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1620 seconds (0.1#10.140)