Rusia Gempur Fasilitas Energi, Ukraina Gelap Gulita

Rabu, 16 November 2022 - 02:46 WIB
loading...
A A A
“Sebagian besar serangan dilaporkan terjadi di tengah dan di utara. Di ibu kota, situasinya sangat sulit,” kata seorang pejabat senior, Kyrylo Tymoshenko.

Dia mengatakan total 15 target energi rusak dan mengklaim bahwa 70 rudal ditembak jatuh. Seorang juru bicara Angkatan Udara Ukraina mengatakan Rusia menggunakan rudal jelajah X-101 dan X-555.

Saat kota demi kota melaporkan serangan, Tymoshenko mendesak warga Ukraina untuk "bertahan di sana."

Di kiev, Walikota Vitali Klitschko mengatakan pihak berwenang menemukan mayat di salah satu dari tiga bangunan tempat tinggal yang dilanda di Ibu Kota, di mana pemadaman darurat juga diumumkan oleh penyedia listrik DTEK.



Video yang diterbitkan oleh seorang ajudan presiden menunjukkan sebuah bangunan berlantai lima yang tampaknya tempat tinggal di Kiev terbakar, dengan api menjilati apartemen. Klitschko mengatakan unit pertahanan udara juga menembak jatuh beberapa rudal.

Serangan itu terjadi saat pihak berwenang sudah bekerja keras untuk membuat Kherson bangkit kembali setelah berhasil merebutnya kembali dari Rusia.

Direbutnya kembali Kherson memberikan pukulan menyengat ke Kremlin. Zelensky menyamakan direbutnya kembali Kherson dengan pendaratan pasukan sekutu di Prancis pada D-Day dalam Perang Dunia II, dengan mengatakan keduanya adalah peristiwa penting di akhir jalan menunju kemenangan.

Tetapi sebagian besar wilayah Ukraina di timur dan selatan tetap berada di bawah kendali Rusia, dan pertempuran terus berlanjut.

Zelensky memperingatkan kemungkinan berita yang lebih suram di masa akan datang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)