Menang di Nevada, Partai Demokrat Tetap Kuasai Senat AS

Minggu, 13 November 2022 - 13:57 WIB
loading...
A A A
Banyak kandidat dari Partai Republik yang kalah adalah sayap kanan dan didukung oleh mantan Presiden Donald Trump, yang memberi mereka momentum selama musim pemilihan pendahuluan. Tapi mereka gagal menarik pihak independen dan moderat dalam pemilu sela.



Senator Pat Toomey, yang pensiun dari Senat dan kursinya dimenangkan oleh John Fetterman dari Partai Demokrat, menyalahkan Trump atas hilangnya kesempatan Partai Republik.

"Datanya sangat jelas - semakin banyak kandidat yang terkait dengan Donald Trump, dan gerakan ultra MAGA, dan anggapan keliru bahwa pemilu dicuri darinya pada tahun 2020, semakin banyak pesannya, semakin banyak mereka kalah, dan di banyak tempat, itu adalah seorang Republikan yang lebih konvensional yang menang," katanya dalam sebuah wawancara di Fox News, Sabtu.

Meskipun dia tidak mengidentifikasi namanya, Toomey menyebut calon gubernur sayap kanan Republik Doug Mastriano sebagai kandidat lemah yang kalah 15 poin, terbanyak untuk kursi terbuka sejak 1950-an.

"Kami kehilangan tiga kesempatan untuk membalikkan kursi DPR, kehilangan kendali atas DPR…dan partai harus melewati Donald Trump," catatnya.

Secara total, 35 kursi Senat diperebutkan dalam pemilu sela 2022, tetapi di bawah sepertiga diperkirakan akan ditutup.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)