Pemungutan Suara di Sejumlah Negara Bagian AS Terkendala Masalah Teknis

Rabu, 09 November 2022 - 09:20 WIB
loading...
Pemungutan Suara di Sejumlah Negara Bagian AS Terkendala Masalah Teknis
Pemungutan Suara di Sejumlah Negara Bagian AS Terkendala Masalah Teknis. FOTO/Reuters
A A A
NEW YORK - Masalah teknis dilaporkan muncul di beberapa negara bagian Amerika Serikat (AS) selama hari pemungutan suara, Selasa (8/11/2022). Serangan siber juga dilaporkan mewarnai pemungutan suara pemilu sela kali ini.

Pihak berwenang Champaign County, Illinois, telah melaporkan serangan siber di server mereka. Menurut laporan itu, sistem pemungutan suara elektronik di kawasan itu beroperasi secara normal, tetapi pengguna mengalami masalah saat menghubungkan ke situs web administrasi.



Akibatnya, sebagian dari mereka kesulitan mencari informasi penting tentang pemungutan suara, seperti lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Serangan siber ini adalah upaya strategis dan terkoordinasi untuk melemahkan dan mengacaukan proses demokrasi kita. Tujuannya adalah untuk mencegah Anda memilih. Tolong jangan menjadi korban ini," kata pejabat Champaign County di halaman Facebook mereka, seperti dikutip dari TASS.

Muncul juga laporan mesin pemungutan suara mati di seluruh Mercer County di New Jersey karena kesalahan sistem. “Pabrikan peralatan tersebut, Dominion, sedang bekerja untuk memperbaiki masalah tersebut,” kata otoritas daerah.

Pemilih didorong untuk menggunakan varian alternatif, termasuk kertas suara standar. Sebelumnya pada hari itu, komisi pemilihan di Texas, Arizona dan California melaporkan masalah dengan perangkat keras pemungutan suara elektronik.



Beberapa mesin check-in di pusat pemungutan suara di Bell County, Texas, rusak pada Selasa pagi karena masalah sinkronisasi terkait dengan peralihan dari Waktu Musim Panas selama akhir pekan, CNN melaporkan. Pemilih yang terkena dampak direkomendasikan untuk memberikan suara mereka di tempat pemungutan suara yang berbeda.

Saluran TV Newsmax mengatakan masalah dengan mesin pemungutan suara juga dilaporkan di Mariposa County, California, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang sifat dari masalah tersebut. Saluran TV berbahasa Spanyol Arizona, El American, juga mengatakan beberapa mesin pemungutan suara di wilayah negara bagian itu tidak berfungsi pada hari Selasa.

Pada saat yang sama, media AS mengatakan insiden yang dilaporkan terisolasi dan tidak dapat memiliki efek serius pada proses pemungutan suara. Sejauh ini, tidak ada masalah serius yang dilaporkan oleh pihak berwenang dan aktivis.

Amerika Serikat mengadakan pemilihan kongres paruh waktu pada 8 November untuk memilih semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan sepertiga dari Senat. Partai Republik dapat menerima kendali atas setidaknya satu kamar Kongres AS yang akan membantu mereka memblokir sebagian besar inisiatif Presiden AS Joe Biden selama dua tahun ke depan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2136 seconds (0.1#10.140)