Ukraina Rayakan Kekalahan Perang Rusia di Kherson

Sabtu, 12 November 2022 - 08:08 WIB
loading...
Ukraina Rayakan Kekalahan Perang Rusia di Kherson
Rakyat Ukraina merayakan kekalahan perang Rusia di Kherson. Foto/REUTERS
A A A
KHERSON - Rusia menarik mundur seluruh tentaranya dari Kherson, menjadi kekalahan perang yang memalukan bagi Presiden Vladimir Putin. Tentara dan rakyat Ukraina merayakan momen tersebut dengan gembira.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat mengumumkan bahwa seluruh tentara Moskow sudah ditarik dari Kherson, wilayah di Ukraina selatan yang sebelumnya dicaplok Kremlin.

Beberapa video perayaan menunjukkan penduduk Kherson tumpah ruah di jalan-jalan, mengibarkan bendera nasional Ukraina dan bernyanyi ketika pasukan Kiev tiba.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Kherson adalah "kota kami".



Kherson adalah satu-satunya ibu kota regional yang diambil oleh Rusia setelah invasi Februari. Mundurnya pasukan Moskow telah dipandang sebagai salah satu kemunduran terbesarnya dalam perang.

Moskow mengatakan 30.000 personel telah dibawa keluar dari daerah itu, begitu juga dengan sekitar 5.000 perangkat keras militer, persenjataan, dan aset lainnya.

Update malam dari pihak Ukraina mengatakan pasukannya telah maju hingga ke tepi barat sungai Dnipro.

Foto-foto yang beredar pada Jumat menunjukkan bahwa penyeberangan sungai utama—Jembatan Antonivsky—sebagian runtuh. Masih belum jelas bagaimana kerusakan itu terjadi.

Pasukan Rusia yang menduduki Kherson diperkirakan akan mengambil posisi baru di sisi timur sungai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)