Dubes China: Jika Swiss Jatuhkan Sanksi, Hubungan Akan Terganggu

Minggu, 06 November 2022 - 22:00 WIB
loading...
Dubes China: Jika Swiss Jatuhkan Sanksi, Hubungan Akan Terganggu
Ilustrasi
A A A
ZURICH - Swiss harus menghindari mengikuti Uni Eropa (UE) dengan menjatuhkan sanksi terhadap China jika peduli dengan hubungan Swiss-China. Hal itu diungkapkan Duta Besar China untuk Bern kepada surat kabar NZZ am Sonntag.

Tahun lalu, UE menuduh pejabat China melakukan penahanan massal terhadap Muslim Uighur dan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Xinjiang dan memberlakukan sanksi pertamanya terhadap Beijing sejak embargo senjata pada 1989 menyusul tindakan keras Lapangan Tiananmen.



Swiss belum memutuskan untuk mengikuti jejak Uni Eropa. "Siapa pun yang benar-benar peduli dengan hubungan persahabatan antara kedua negara dan yang membuat kebijakan yang bertanggung jawab tidak akan menyetujui sanksi," kata duta besar China di Bern, Wang Shihting.

"Jika Swiss menerapkan sanksi dan situasi berkembang ke arah yang tidak terkendali, hubungan Tiongkok-Swiss akan terganggu," tambahnya.

Kepala badan Swiss yang menerapkan sanksi ekonomi mengatakan dalam sebuah wawancara pada bulan Juli, bahwa dia mengharapkan negara netral untuk mengadopsi tindakan hukuman yang diluncurkan Uni Eropa terhadap China jika menyerang Taiwan.



Dalam mengungkap strategi baru di China tahun lalu, Bern mengumumkan beberapa perubahan kebijakan konkret dan menekankan pentingnya hubungan bilateral. Ia juga berbicara lebih terbuka tentang ketidaksetujuannya terhadap catatan hak asasi manusia China daripada yang cenderung dilakukan di masa lalu.

Pada tahun 1950, Swiss adalah salah satu negara barat pertama yang mengakui Komunis Tiongkok. Sejak 2010, China telah menjadi mitra dagang terbesarnya di Asia dan terbesar ketiga secara global setelah Uni Eropa dan Amerika Serikat.

Perjanjian perdagangan bebas bilateral mulai berlaku pada Juli 2014, dan kedua negara tahun ini meluncurkan platform bersama untuk pencatatan dan perdagangan saham.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)