Imran Khan Tuding PM Pakistan Terlibat dalam Rencana Pembunuhan Dirinya

Sabtu, 05 November 2022 - 20:15 WIB
loading...
Imran Khan Tuding PM Pakistan Terlibat dalam Rencana Pembunuhan Dirinya
Imran Khan Tuding PM Pakistan Terlibat dalam Rencana Pembunuhan Dirinya. FOTO/Reuters
A A A
WAZIRABAD - Mantan perdana menteri Pakistan Imran Khan menuduh penggantinya, Shehbaz Sharif, terlibat dalam komplotan untuk membunuhnya. Tudingan itu dilontarkan Khan saat ia pulih dari luka tembak, menyusul upaya pembunuhan terhadap dirinya.

Khan mengatakan kepada wartawan pada Jumat (4/11/2022), bahwa Shehbaz Sharif, yang menggantikannya sebagai perdana menteri setelah mosi tidak percaya pada April lalu, terlibat dalam plot yang melibatkan Menteri Dalam Negeri Rana Sanaullah dan seorang komandan senior tentara.

Baca: Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditembak Saat Pawai Unjuk Rasa

"Ketiganya memutuskan untuk membunuh saya," kata Khan dalam penampilan publik pertamanya sejak serangan Kamis, seperti dikutip dari AFP. Ia menambahkan bahwa dua pria bersenjata terlibat dalam rencana pembunuhan itu.

Sementara itu, pemerintah Pakistan telah membantah menjadi bagian apa pun dari upaya pembunuhan itu dan menyalahkan upaya pembunuhan pada seorang pria bersenjata yang dipicu oleh ekstremisme agama.

Serangan terhadap konvoi Khan menewaskan satu orang dan melukai sedikitnya 10 orang, secara signifikan meningkatkan pertaruhan dalam krisis politik yang telah mencengkeram negara Asia Selatan itu sejak penggulingan Khan pada April.

Baca: Mantan PM Pakistan Imran Khan Hendak Ditangkap, Ratusan Pendukung Berkumpul di Rumahnya

Mantan bintang kriket internasional berusia 70 tahun itu telah memimpin ribuan konvoi kampanye sejak pekan lalu dari Lahore ke ibu kota Islamabad. Duduk di kursi roda - kaki kanannya digips dan kaki kirinya diperban berat - Khan berbicara selama lebih dari satu jam. Ia mencela pemerintah dan pendirian yang dia tuduh telah menggesernya.

Sebelumnya, protes yang tersebar pecah di seluruh negeri setelah shalat Jumat sore, yang paling penting dalam seminggu, dengan polisi mengerahkan gas air mata di beberapa kota untuk mengendalikan massa.

Khan sedang melihat ke arah kerumunan ketika peluru ditembakkan ke truk kontainernya yang dimodifikasi saat perlahan-lahan melewati kerumunan yang padat di Wazirabad, sekitar 170 km timur Islamabad.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3648 seconds (11.252#12.26)