Pangeran Arab Saudi Investor Terbesar Ke-2 Twitter, AS Mulai Gusar

Sabtu, 05 November 2022 - 11:57 WIB
loading...
A A A
Tetapi hanya beberapa minggu kemudian, Pangeran Alwaleed tampaknya telah berubah pikiran.

Dalam sebuah tweet pada 5 Mei, dia menulis: “Senang terhubung dengan Anda, teman baru saya @elonmusk. Saya yakin Anda akan menjadi pemimpin yang sangat baik bagi @Twitter untuk mendorong dan memaksimalkan potensi besarnya.”

Belakangan pada bulan itu, dana kekayaan berdaulat Arab Saudi, Dana Investasi Publik (PIF), yang diketuai oleh Pangeran Mohammed bin Salman, mengakuisisi 17% saham di Kingdom Holding seharga USD1,5 miliar.

Minggu ini, Pangeran Alwaleed mengucapkan selamat kepada "Chief Twit" Musk atas penutupan transaksi Twitter minggu ini, dengan mengatakan keduanya akan "bersama-sama sepanjang jalan".

Investasi Twitter tampaknya tidak menawarkan kontrol formal kepada Pangeran Alwaleed atau pemerintah Saudi atas Twitter.

Musk sekarang adalah satu-satunya direktur perusahaan. Tetapi penggunaan platform yang diketahui oleh kerajaan sebagai alat propaganda, dan tindakan kerasnya terhadap para pembangkang atau orang lain yang menggunakan platform tersebut, merupakan bidang yang menjadi perhatian para pakar hak asasi manusia (HAM).

“Saya pikir ada baiknya mengajukan pertanyaan tentang apa arti investasi Saudi bagi keamanan para pembangkang Saudi dan perdebatan seputar masalah Saudi. Apakah permintaan tindakan terhadap pengguna akan disaring melalui Alwaleed? Permintaan data pengguna, atau untuk promosi beberapa jaringan?” kata David Kaye, seorang profesor hukum di UC Irvine.

Seorang pejabat tinggi di kerajaan itu juga diduga mendalangi penyusupan Twitter tahun 2015 oleh mata-mata yang bekerja untuk pemerintah Saudi dan dituntut oleh Departemen Kehakiman AS.

Penyusupan memungkinkan pemerintah Saudi untuk mengidentifikasi individu yang mengkritik pemerintah kerajaan dari akun Twitter anonim—yang mengarah ke setidaknya satu penangkapan seorang pemuda, Abdulrahman al-Sadhan, yang menjalani hukuman penjara 20 tahun di Arab Saudi karena menggunakan akun parodi untuk mengejek pemerintah Saudi.

Dua dari pria yang didakwa masih dicari oleh FBI setelah mereka berhasil melarikan diri dari AS sebelum mereka ditangkap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)