Tanpa Vladimir Putin, Para Jenderal Rusia Bahas Kapan Gunakan Bom Nuklir di Ukraina

Kamis, 03 November 2022 - 09:24 WIB
loading...
A A A
Juru bicara Pentagon Brigadir Jenderal Pat Ryder mengatakan kepada wartawan pada briefing bahwa AS menganggap retorika Putin sangat serius dan memantaunya dengan cermat.

"[Namun] AS telah melihat tidak ada indikasi bahwa Presiden Putin telah membuat keputusan saat ini untuk menggunakan senjata nuklir," katanya.

"Tetapi sekali lagi, ini adalah sesuatu yang akan kami amati dengan sangat, sangat dekat. Teruslah menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dengan sekutu dan mitra kami," kata Ryder.

Putin, menurut laporan CNN, bukan bagian dari diskusi para jenderal Rusia yang membingungkan komunitas intelijen AS. Namun, pada akhirnya terserah pada Putin apakah Rusia menggunakan senjata nuklir taktis di Ukraina atau tidak.

Doktrin nuklir negara itu menyatakan hanya presiden yang dapat membuat keputusan untuk menggunakan senjata nuklir.

Rusia memiliki gudang senjata nuklir taktis terbesar di dunia—yang dapat digunakan untuk menghancurkan sejumlah kecil persenjataan berat di medan perang atau membunuh puluhan ribu orang di sebuah kota.

Tidak seperti rudal balistik antarbenua—senjata dengan muatan besar yang dirancang untuk dipersenjatai hulu ledak nuklir dan ditembakkan dengan cepat untuk mencegah musuh menyerang—proses penggunaan nuklir taktis membutuhkan lebih banyak waktu dan langkah tambahan, karena senjata harus diambil dari penyimpanan dan dikirim ke garis depan.

Karena senjata semacam itu menghabiskan waktu yang lama dalam penyimpanan, keandalan senjata nuklir bisa menjadi buruk dan perlu pengujian untuk menentukan seberapa cocok mereka untuk diluncurkan.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)