Serangannya terhadap Kedubes Israel Digagalkan Mossad, Iran Frustrasi

Selasa, 07 Juli 2020 - 10:57 WIB
loading...
A A A
Iran mengakui hari Minggu bahwa Natanz mengalami kerusakan siginifikan akibat kebakaran pada pekan lalu. Awalnya, Teheran meremehkan insiden itu dengan mengklaim tidak merusak fasilitas nuklir. Namun, gambar-gambar satelit menunjukkan kehancuran yang meluas di fasilitas yang sensitif itu. (Baca juga: Iran Bersiap Eksekusi Agen Mossad yang Terlibat Pembunuhan Soleimani )

"Kami pertama kali mengetahui bahwa, untungnya, tidak ada korban sebagai akibat dari insiden itu, tetapi kerusakan finansial yang ditimbulkan akibat insiden tersebut cukup besar," kata juru bicara badan atom Iran, Behrouz Kamalvandi.

Dia mengonfirmasi bahwa bangunan yang rusak adalah pusat perakitan sentrifugal dan bukan gudang industri seperti yang dia klaim sebelumnya.

"Mesin sentrifugal yang lebih maju dimaksudkan untuk dibangun di sana," katanya."Kerusakan mungkin menyebabkan keterlambatan dalam pengembangan dan produksi mesin sentrifugal canggih dalam jangka menengah."

Pihak berwenang Teheran telah menenetukan penyebab insiden, tetapi menahan informasi itu karena alasan keamanan nasional.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)