Polandia Tuntut Ganti Rugi Perang Dunia II dari Rusia, Ini Alasannya

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:40 WIB
loading...
A A A
Polandia bersikeras negaranya tidak pernah mendapat ganti rugi yang seharusnya akibat kerusakan yang ditimbulkan Nazi Jerman dan hanya setuju mengabaikan klaim ganti rugi pada 1950-an karena tekanan Moskow.

Polandia juga mengatakan Moskow bertanggung jawab karena kepemimpinan Soviet mengirim pasukan ke Polandia tak lama setelah Nazi melakukannya pada September 1945.

Rusia berpendapat perintah itu diberikan setelah pemerintah Polandia jatuh, sebelum serangan Nazi, dan bahwa keputusan itu membantu menyelamatkan nyawa di wilayah timur Polandia.

Uni Soviet juga banyak berinvestasi dalam membangun kembali Polandia setelah perang dan membantu negara itu.

Pemerintah Jerman menegaskan kembali pekan ini bahwa mereka menganggap "pertanyaan reparasi" untuk Polandia sudah ditutup, setelah Warsawa mengatakan bulan lalu bahwa mereka menginginkan 1,3 triliun euro dari Berlin.

Catatan yang dikeluarkan pada Jumat menguraikan hal-hal lain yang dicari Warsawa dari Berlin sebagai kompensasi, seperti status resmi sebagai minoritas nasional untuk komunitas etnis Polandia Jerman, lengkap dengan manfaat tertentu.

Sikap Rusia juga tanpa kompromi. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov bercanda bahwa jika Moskow mengadopsi pendekatan yang sama seperti Warsawa, dia dapat melihat invasi Polandia ke Rusia selama Masa Kesulitannya di akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17 sebagai dasar untuk klaimnya sendiri.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)