Polandia Tuntut Ganti Rugi Perang Dunia II dari Rusia, Ini Alasannya

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 12:40 WIB
loading...
Polandia Tuntut Ganti Rugi Perang Dunia II dari Rusia, Ini Alasannya
Polandia hancur saat Perang Dunia II. Foto/Muzeum Ziemi Wielunskiej
A A A
WARSAWA - Warsawa bermaksud menghitung kerusakan yang disebabkan Uni Soviet ke negara itu selama Perang Dunia II. Proses ini serupa dengan langkah Polandia meminta kompensasi dari Jerman.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Polandia menjelaskan hal itu pada Jumat (28/10/2022). Warsawa memberikan rincian klaim Polandia yang secara resmi dikirim ke Berlin awal bulan ini.

Pejabat senior di negara itu sebelumnya berpendapat Rusia dan Jerman harus membayar kompensasi ke Polandia, dengan Presiden Polandia Andrzej Duda mengangkat kasus ini dalam wawancara bulan lalu.

“Jerman memulai Perang Dunia II dan menyerang Polandia. Tentu saja, Rusia bergabung dalam perang ini nanti dan, menurut saya, kita juga harus menuntut reparasi dari Rusia,” ujar dia.



"Saya tidak melihat alasan mengapa kita tidak harus menuntut ini," tegas dia.

Idenya bukanlah hal baru bagi politisi konservatif Polandia.

Jaroslaw Kaczynski, pemimpin Partai Hukum dan Keadilan (PiS) yang berkuasa, mengatakan kepada tabloid Jerman Bild pada 2020 bahwa “Rusia juga harus membayar” kompensasi ketika membahas klaim Polandia terhadap Berlin.

Dia menyebut tidak mengharapkan uang dari Moskow dalam waktu dekat, tetapi menekankan dendam Warsawa "tidak memiliki tanggal kedaluwarsa."

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2933 seconds (0.1#10.140)