Kejar Kebijakan Nol-Covid-19, China Lockdown Jutaan Orang

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 20:45 WIB
loading...
A A A
Kota itu telah dikunci selama hampir tiga bulan karena memerangi virus - pejabat setempat pada hari Kamis mengatakan delapan kasus Covid baru dilaporkan di Lhasa.



Beberapa video di media sosial menunjukkan ratusan orang berdemonstrasi dan bentrok dengan polisi. Mereka dikatakan sebagian besar adalah pekerja migran etnis Han Cina. Seorang warga Lhasa mengkonfirmasi kepada BBC bahwa demonstrasi telah terjadi di kota itu pada hari Rabu.

Meskipun dipandang sebagai wabah yang relatif kecil di bagian lain dunia, China menganut kebijakan nol-Covid yang ketat, di mana pihak berwenang mencoba untuk menghapus wabah.

Awal bulan ini, Xi Jinping mengisyaratkan bahwa tidak akan ada pelonggaran kebijakan nol-Covid, menyebutnya sebagai perang rakyat untuk menghentikan penyebaran virus.

Pada 24 Oktober, sekitar 28 kota di seluruh China menerapkan beberapa tingkat tindakan penguncian, analis Nomura mengatakan kepada kantor berita Reuters, dengan sekitar 207 juta orang terkena dampak di wilayah yang bertanggung jawab atas hampir seperempat dari PDB China.

Kepatuhan terhadap kebijakan itu muncul meskipun meningkatnya kelelahan dan kemarahan publik atas penguncian dan pembatasan perjalanan. Perekonomian negara juga terpukul sebagai akibatnya - dengan PDB turun 2,6% dalam tiga bulan hingga akhir Juni dari kuartal sebelumnya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)