Ukraina Kerahkan Pasukan Dekat Perbatasan Belarusia

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 08:39 WIB
loading...
Ukraina Kerahkan Pasukan Dekat Perbatasan Belarusia
Seorang anggota Layanan Penjaga Perbatasan Negara Ukraina berdiri di dekat perbatasan dengan Belarusia dan Polandia, di wilayah Volyn, Ukraina, 16 November 2021. Foto/REUTERS/Gleb Garanich
A A A
KIEV - Ukraina telah mengumpulkan pasukan di perbatasan utara dengan Belarusia. Langkah tersebut diungkap Komandan Militer Ukraina Brigadir Jenderal Alexei Gromov.

Meski demikian, menurut dia, sampai saat ini belum ada tanda-tanda pasukan musuh yang siap untuk menyerang di negara tetangga.

Berbicara pada konferensi pers pada Kamis (27/10/2022), Gromov yang menjabat wakil komandan Staf Umum Departemen Operasi Utama Ukraina mengatakan, “Saat ini, kami tidak melihat pembentukan sebenarnya dari kelompok musuh ofensif di Belarusia.”

Baca juga: 6 Poin Penting Pidato Putin di Valdai: Tak Ada yang Duduk di Luar Saat Badai Datang

Dia memperingatkan, “Bagaimanapun, ada ancaman dan mereka akan tetap ada.”

Dia meyakinkan Ukraina bahwa militer negara itu terus mencermati negara tetangga dan "telah memperkuat" kehadirannya di perbatasan utara.

Pernyataan Gromov muncul setelah Kiev dan Minsk masing-masing menuduh satu sama lain dalam beberapa pekan terakhir merencanakan provokasi militer di perbatasan.

Baca juga: Wanita 78 Tahun Divonis Penjara 4 Bulan karena Beri Makan Gelandangan

Pejabat Ukraina mengklaim, antara lain, Presiden Belarusia Alexander Lukashenko telah meluncurkan mobilisasi rahasia di negaranya.

Berbicara kepada wartawan Jumat lalu, bagaimanapun, pemimpin Belarusia membantah tuduhan itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2540 seconds (11.252#12.26)