6 Poin Penting Pidato Putin di Valdai: Tak Ada yang Duduk di Luar Saat Badai Datang

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 07:08 WIB
loading...
6 Poin Penting Pidato Putin di Valdai: Tak Ada yang Duduk di Luar Saat Badai Datang
Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato selama pertemuan tahunan ke-19 Klub Diskusi Valdai di Moskow pada 27 Oktober 2022. Foto/Sputnik/REUTERS
A A A
MOSKOW - Dunia memasuki satu dekade kekacauan karena upaya mengejar tatanan dunia yang lebih adil bentrok dengan hegemoni sewenang-wenang dari kolektif Barat.

Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan hal itu pada Kamis (27/10/2022) saat berbicara pada pertemuan tahunan Klub Diskusi Valdai.

Pidato Putin berkisar dari keanekaragaman hayati hingga “membatalkan budaya,” sifat dari apa yang ditawarkan Barat dan tanggapan Rusia.

Dia kemudian selama berjam-jam menjawab pertanyaan audiens. Berikut adalah enam poin penting dari sambutan pembukaannya.

1. Barat Memicu Konflik untuk Pertahankan Hegemoni

“Dari menghasut konflik di Ukraina dan provokasi di sekitar Taiwan hingga mengacaukan pasar pangan dan energi dunia, Amerika Serikat (AS) dan sekutunya telah meningkatkan ketegangan di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir dan terutama dalam beberapa bulan terakhir,” ungkap Putin.

“Mengatur dunia adalah apa yang disebut Barat telah dipertaruhkan dalam permainan ini, yang tentu saja berbahaya, berdarah dan, saya akan mengatakan, kotor. Ini menyangkal kedaulatan negara dan rakyat, identitas dan keunikan mereka, dan mengabaikan kepentingan negara lain,” jelas presiden Rusia.

Dia menjelaskan, dalam apa yang disebut “tatanan dunia berbasis aturan”, hanya mereka yang membuat “aturan” yang memiliki hak, sementara semua orang hanya harus patuh.

“Namun, Barat tidak memiliki ide konstruktif dan perkembangan positif, mereka tidak memiliki apa pun untuk ditawarkan kepada dunia kecuali pelestarian dominasi mereka,” ujar dia.

2. Aturan Untukmu tapi Tidak Untukku
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0866 seconds (0.1#10.140)