Kuburan Massal Korban Nazi di 'Hutan Kematian' Polandia

Rabu, 19 Oktober 2022 - 00:46 WIB
loading...
A A A
"Banyak korban mengalami retak tengkorak dan tulang rahang," ungkapnya.

Daerah itu dijuluki 'hutan kematian' oleh penduduk setempat karena jumlah pembunuhan Nazi yang diyakini telah dilakukan di sana.

Di sinilah polisi Jerman yang berbasis di Jedwabne menyiksa dan membunuh korbannya.



"Hutan itu terletak sedikit di antah berantah, di antara desa-desa, jadi mudah untuk membawa orang-orang ini ke sana dan membunuh mereka dengan cara yang kejam," kata Wali Kota Jedwabne Adam Niebrzydowski.

Temuan suram itu terjadi hanya beberapa bulan setelah mayat empat korban Nazi lainnya ditemukan di hutan.

Diidentifikasi sebagai dua pasangan yang telah menikah, mereka dibunuh karena membantu gerakan perlawanan bawah tanah Polandia.

Jedwabne menjadi terkenal setelah penerbitan sebuah buku oleh sejarawan Jan Gross yang menuduh orang Polandia membunuh massal orang-orang Yahudi di kota itu dalam pogrom tahun 1941.

Penyelidikan oleh Institut Peringatan Nasional Polandia menyimpulkan bahwa mereka yang terlibat telah dipaksa masuk ke dalamnya oleh polisi lokal Jerman dan Gestapo.

"Gestapo, yang bermarkas di alun-alun pasar di Jedwabne, menangkap orang Polandia yang membantu atau tidak bersalah, atau ada kecaman terhadap mereka. Mereka menembak mereka," ujar Arkeolog Ryszard Cędrowski.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1815 seconds (0.1#10.140)