30 Mantan Pilot Militer Inggris Direkrut China, London Uring-uringan

Selasa, 18 Oktober 2022 - 21:02 WIB
loading...
A A A
“Tetapi mereka yang menerbangkan model lama, seperti Typhoon, Harrier, Jaguar dan Tornado, serta helikopter militer, termasuk Wildcat dan Merlin, sekarang bekerja untuk China,” papar pejabat itu.

Beberapa pilot digambarkan sebagai orang berusia 50-an, tetapi tidak ada yang disebutkan namanya.

China mencari bakat tidak hanya di Royal Air Force, tetapi juga di cabang lain dari militer Inggris, menurut laporan tersebut.

Satu akademi di Afrika Selatan, yang juga tidak disebutkan namanya, diduga bertindak sebagai perantara dalam skema tersebut.

“Para pilot Inggris di antara para instruktur itu hampir pasti meningkatkan pengetahuan dan kemampuan militer China,” ungkap Sky News mengutip sumber tersebut.

Meski demikian, pemerintah Inggris tidak memiliki bukti bahwa ada yang melanggar hukum dengan bekerja di China.

“Kami mengambil langkah-langkah untuk mencegah pilot saat ini dan mantan pilot direkrut, dan kami ingin menghindari persepsi apa pun oleh China bahwa keheningan kami sebelumnya tentang masalah ini disalahartikan sebagai penerimaan atau persetujuan kami atas kegiatan ini,” klaim pejabat itu.

Hubungan antara London dan Beijing telah memburuk selama bertahun-tahun di bawah pemerintahan Tory berturut-turut.

Perdana Menteri Inggris Liz Truss dilaporkan akan segera menunjuk China sebagai "ancaman" bagi Inggris dalam versi terbaru dari makalah strategi global.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)