Israel Didesak Segera Memihak Kiev dalam Perang Ukraina

Senin, 17 Oktober 2022 - 17:19 WIB
loading...
A A A
Iran telah membantah memasok senjata ke kedua belah pihak, dengan alasan "mempersenjatai masing-masing pihak dari krisis akan memperpanjang perang."

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kan'ani menolak "laporan tentang pengiriman drone ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina" sebagai "tidak berdasar" dalam pernyataan awal bulan ini.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyebut tuduhan itu "palsu."

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengakui pada Agustus bahwa Washington tidak memiliki bukti Kementerian Pertahanan Rusia benar-benar membeli drone Iran.

Namun, Ukraina tetap bersikeras sebagian besar drone yang digunakan Rusia dalam pertempuran baru-baru ini berasal dari Iran.

Ukraina mencabut kredensial duta besar Iran untuk Kiev bulan lalu setelah beberapa drone Rusia yang jatuh ditemukan menyerupai model Iran.

Sementara Ukraina telah berulang kali meminta Israel untuk mengirim sistem pertahanan rudal Iron Dome, Tel Aviv sejauh ini menolak.

Israel beralasan teknologi Iron Dome yang membela negara kecil Israel tidak akan berfungsi di wilayah sebesar Ukraina, karena tidak akan melindungi dari rudal jarak menengah dan jarak jauh yang digunakan Rusia.

Ukraina juga memohon AS memberlakukan zona larangan terbang yang akan menempatkan Washington ke dalam konfrontasi militer langsung dengan Rusia.

AS dan NATO sejak awal menolak permintaan Kiev untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)